Kamis, 16 Mei 2019 15:46

Sabhara Polres Cimahi Bakal Sasar Pak Ogah

Reporter : Fery Bangkit 
ilustrasi.
ilustrasi. [net]

Limawaktu.id - Satuan Sabhara Polres Cimahi bakal mengitensifkan patroli selama bulan Ramadhan ini. Salah satu sasarannya adalah aksi premanisme seperti Pak Ogah dan tukang parkir liar.

Hal tersebut dilakukan karena saat bulan Ramadan aksi atau pelaku premanisme tersebut semakin manjamur. Mereka kerap beraksi ditempat keramaian yang ada di sejumlah wilayah Kota Cimahi dan Bandung Barat.

Baca Juga : Beban Listrik di Cimahi dan Bandung Barat Meningkat Saat Buka Puasa dan Sahur

Kepala Satuan Sabhara Polres Cimahi, AKP Oeng Choeruman, mengatakan, target operasi terhadap premanisme tersebut untuk memberikan rasa nyaman terhadap masyarakat terutama bagi umat islam yang menjalankan ibadah puasa.

"Pelaku premanisme saat bulan ramadan memang meningkat, berbeda dengan hari-hari biasa. Makanya kami terus melakukan razia untuk menjaga ke khusyuan ibadah puasa," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (16/5/2019).

Baca Juga : Ada Keributan Jelang Buka Puasa Kemarin, Korbannya Oknum LSM

Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap pelaku premanisme yang sudah diamankan, kata Oeng, kebanyakan pelakunya orang baru yang mengikuti orang lama. Sebab, saat bulan ramadan kebutuhan sehari-hari mereka meningkat.

Setiap melakukan razia premanisme tersebut, rata-rata polisi mengamankan belasan orang dan jumlah tersebut memang lebih banyak jika dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Baca Juga : Sepekan Ramadhan, Volume Sampah di Bandung Barat Meningkat 10%

"Untuk Pak Ogah yang masuk salah satu perilaku premanisme yang mengganggu ketertiban umum kita lakukan razia lalu kami melakukan pendataan," katanya.

Selama ini pihaknya kebanyakan memberikan pembinaan terhadap orang-orang yang melakukan aksi premanisme tersebut. Tetapi untuk memberikan efek jera sesekali pelaku premanisme itu dibawa ke pengadilan untuk disidang.

"Di pengadilan mereka harus mengikuti sidang tindak pidana ringan (Tipiring) untuk memberikan efek jera agar tidak melakukan hal yang sama, mengganggu ketertiban umum," ucapnya.

Sementara dalam pembinaaan, pihaknya memberikan pemahanan agar mereka menaati peraturan yang ada supaya kegiatan mereka tidak mengganggu kegiatan masyarakat yang lain.

Selain aksi premanisme dalam melakukan operasi pekat ini, polisi juga melakukan razia miras dan patroli balap liar di daerah Margaasih yang masuk perbatasan Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung.

Baca Lainnya