Kamis, 7 Desember 2023 11:39

RW 12 Kelurahan Utama Layak Menjadi Perwakilan Kota Cimahi dalam Program P2WKSS

Reporter : Bubun Munawar
Pj Wali Kota Cimahi Dicky Saromi menghadiri Verifikasi Lapangan Evaluasi Akhir Program Terpadu P2WKSS Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 dilaksanakan di RW 12 Kelurahan Utama Cimahi Selatan Kota Cimahi
Pj Wali Kota Cimahi Dicky Saromi menghadiri Verifikasi Lapangan Evaluasi Akhir Program Terpadu P2WKSS Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 dilaksanakan di RW 12 Kelurahan Utama Cimahi Selatan Kota Cimahi [Diskominfo Kota Cimahi]

Limawaktu.id, Cimahi - Pj. Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi mengungkapkan melalui Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS)  dan Sekoper Cinta (Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita), perempuan didorong agar berperan aktif melibatkan diri dalam upaya ketahanan keluarga, sehingga hasil pembangunan keluarga akan lebih maju dan berkembang bagi seluruh masyarakat yang sejalan dengan paradigma kemajuan perempuan, juga kemajuan di daerah.

  “Program P2WKSS tidak hanya berbicara tentang infrastruktur saja, di RW 12 Kelurahan Utama telah dilaksanakan pelatihan dan pembinaan kepada 100 Kepala Keluarga binaan menyangkut kemampuan yang bersangkutan serta pembelajaran Modul Sekoper Cinta,” ungkapnya, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/12/2023).

Dicky juga menuturkan,  RW 12 Kelurahan Utama layak untuk menjadi perwakilan Kota Cimahi dalam Program P2WKSS karena di RW 12 Kelurahan Utama terdapat banyak potensi yang dimiliki oleh Kelurahan Utama dan masyarakatnya.

“Di Kelurahan ini peranan wanitanya luar biasa, karena beberapa hasil yang dilakukan itu sangat banyak diperankan oleh Wanita dalam hal ini ibu rumah tangga. Salah satunya ibu rumah tangga ini mampu menjadi survival keluarganya karena UMKM disini maju,” ungkap Dicky.

Selain memajukan UMKM di lingkungannya, para wanita di RW 12 juga aktif dalam melakukan urban farming dengan memanfaatkan lahan yang sempit, sehingga lingkungan yang sudah terjaga dengan bersih menjadi optimal dan menghasilkan nilai lebih. Selain itu pengelolaan sampah di RW 12 Kelurahan Utama juga dilakukan dengan baik sehingga mengurangi beban sampah di Kota Cimahi.

Menurut Dicky, semua capaian yang ada di RW 12 Kelurahan Utama tersebut merupakan hasil dari kolaborasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah di Kota Cimahi. Dicky pun menyampaikan ke depannya apa yang telah dilakukan di RW 12 Kelurahan Utama akan direplikasi ke seluruh Kelurahan yang ada di Kota Cimahi.

 “Semoga melalui kegiatan P2WKSS ini, Kota Cimahi dapat mempercepat upaya peningkatan kualitas hidup perempuan yang akan berdampak positif pada generasi berikutnya. Anak-anak yang tumbuh dalam lingkungan di mana ibu mereka memiliki akses yang baik terhadap pendidikan, kesehatan dan kesempatan ekonomi Insha Allah cenderung memiliki masa depan yang lebih cerah,” pungkasnya.

Verifikasi Lapangan Evaluasi Akhir Program Terpadu P2WKSS Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 dilaksanakan di RW 12 Kelurahan Utama Cimahi Selatan Kota Cimahi, sebagai perwakilan dari Pemerintah Daerah Kota Cimahi yang menjadi lokus dalam Program P2WKSS Rabu (6/12/2023).

Program P2WKSS merupakan program peningkatan sinergitas dan kolaborasi antara seluruh stakeholder untuk memberikan perubahan tatanan Masyarakat dengan meningkatkan peran perempuan untuk selalu berpartisipasi aktif dalam Pembangunan, khususnya dalam membina keluarga sejahtera.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer