Minggu, 23 September 2018 20:33

Rutinitas Warga Citeureup Memelihara Lingkungan yang Sehat 

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id - Meskipun wilayah Kelurahan Citeureup tak termasuk dalam kategori kumuh, namun tidak membuat warga setempat berdiam diri. Buktinya, sminggu sekali tiap Jum'at melakukan kegiatan kebersihan lingkungan di wilayahnya.

Menurut Dudi, Ketua RT 02 RW 03 Kelurahan Citeureup, Gerakan Jum;at bersih dilakukan rutin seminggu sekali mulai pukul 7 hingga 8 pagi. wARGA 6 RT di Gang Alpakah ini melakukannya di wilayah RT masing-masing atau serentak di seluruh RT yang ada di RW 03 Alpakah.

Baca Juga : BKM Annur Sosialisasikan Pola Hidup Bersih dan Sehat

"Jumsih ini rutin kami lakukan untuk memelihara lingkungan kami tetap bersih dan sehat," katanya kepada Limawaktu.id.

Dikatakan Dudi, soliditas warga dibangun agar kondisi lingkungan di RW 03 bisa tetap terpelihara dengan baik.

Baca Juga : Empat Wilayah Kumuh di Kelurahan Utama Akan Ditata dengan Kotaku 

Sebelumnya,  Koordinator BKM Citra Citeuruep Aam Gunawan mengungkapkan, Kelurahan Citeureup merupakan wilayah yang tidak termasuk dalam SK wilayah kumuh di Kota Cimahi.

“Kami berusaha untuk melakukan sinergitas antara BKM dengan pihak pemerintah setempat dan elemen masyarakat lainnya,  ’ ungkapnya.

Baca Juga : Warga Kelurahan Cibabat Menikmati Sarana Fisik Program Kotaku 

Dikatakannya, sebagai wilayah yang tidak termasuk kawasan kumuh merupakan tantangan bagi BKM, pemerintah setempat dan masyarakat untuk terus memperthankan agar Kelurahan Citeureup tidak masuk dalam wilayah kumuh di Kota Cimahi.

“Sosialisasi tentang pola hidup sehat dan aktivitas kami di lapangan terus dilakukan dengan warga Kelurahan Citeuruep agar terus  menjaga dan mencegah terjadinya kekumuhan,” katanya.

Lurah Citeureup Abdurrahman menyebutkan, upaya terus dilakukan dengan BKM dan lembaga lainnya di Kelurahan Citeureup. Di Citeureup ada program sinergitas yang dibangun antara warga dengan pemerintah. Bahkan koordinasi terus dilakukan antara pihak kelurahan dengan BKM.

“Tak hanya soal pelayanan masyarakat dan pelayanan umum , kami juga harus melakukan pemberdayaan kepada masyarakat agar hak-haknya bisa terpenuhi  termasuk soal sanitasi di  lingkungan warga,” sebutnya.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer