Rabu, 23 Januari 2019 16:40

Rudy Gunawan dan Helmy Budiman resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Garut 2019-2024. 

Pelantikan Bupati-Wakil Bupati Garut yang dilakukan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Rabu (23/1).
Pelantikan Bupati-Wakil Bupati Garut yang dilakukan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Rabu (23/1). [Limawaktu]

Limawaktu.id - Pelantikan yang dilakukan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.32-439 Tahun 2019 tentang Pengangkatan Bupati-Wakil Bupati Garut.

Di periode keduanya, pasangan ini diharapkan membawa Garut menjadi kabupaten terbaik dan percontohan di Jawa Barat. Gubernur Ridwan Kamil menilai, Rudy dan Helmi memiliki pengalaman dalam kepemimpinannya, sehingga tidak perlu lagi beradaptasi melainkan langsung bekerja mewujudkan visi dan misi.

"Mereka punya pengalaman yang luar biasa karena sekarang periode kedua. Saya titipkan di periode kedua ini Garut harus jadi Kabupaten terbaik," ucap Kamil, usai pelantikan di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Rabu (23/1).

Menurut Emil, sapaan akrab Gubernur, Garut memiliki keistimewaan terutama potensi wisata. Hampir semua keindahan alam ada di kabupaten berjuluk Swiss van Java ini. Untuk itu, Emil meminta di era kepemimpinan bupati sekarang, sektor pariwisata menjadi salah satu prioritas yang dikolaborasikan dengan Pemerintah Provinsi Jabar.

"Dari semua daerah, Garut adalah kabupaten paling lengkap potensi pariwisatanya, dan kami lihat sendiri waktu naik kereta bersama Pak Presiden (Joko Widodo) banyak melewati keindahan alam," papar dia.

Mantan Wali Kota Bandung ini optimistis, dalam lima tahun kedepan perekonomian Garut akan meningkat pesat, terlebih proyek tol Cigatas yang sampai ke Banjar bakal dibangun tahun ini.

"Saya yakin dalam lima tahun akan meningkat pesat, apalagi rencana (pemerintah) pusat membangun tol Cigatas yang akan sampai Banjar. Tugas daerah hanya memastikan proyek ini lancar kalau dana dari pusat dan investasi," seru Emil.

Walaupun dilihat dari beberapa indeks pembangunan di Garut membaik akhir-akhir ini, namun menurut Emil masih terdapat masalah yang harus jadi perhatian, terutama pada pemerataan karena luasnya wilayah.

"Saya lihat indeks-indeksnya membaik, walaupun masalah juga masih banyak karena Garut ini memang sangat luas dan sudah diusulkan untuk pemekaran. Masalah stunting juga harus jadi perhatian," tutur Emil.

Seperti melantik kepala daerah lain, Gubernur juga berpesan tiga hal yang harus menjadi landasan pemerintah daerah Garut, yaitu integritas, pelayanan, dan profesionalitas. (*)

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer