Selasa, 28 Agustus 2018 20:50

RPH Baros, Heritage Yang Terbengkalai

Reporter : Fery Bangkit 

Limawaktu.id,- Kota Cimahi memang terkenal akan bangunan-bangunan tua bersejarah, salah satunya adalah Rumah Pemotongan Hewan (RPH) yang berada di Jalan Sukimun, RT 03/04 Kelurahan Baros Kecamatan Cimahi Tengah. Dulunya, warga sekitar mengenal RPH ini dengan nama RPH pajagalan, namun tempat pemotongan hewan seperti sapi, kerbau dan lain-lain ini sudah lama tak terurus dan terbengkalai.

Pantauan di lapangan menunjukan, keberadaan salah satu Heritage ini dalam kondisi kumuh dengan tembok dan jendela yang lusuh. Disekitar RPH masih terdapat sejumlah rumah lusuh yang dulunya ditempati para pegawai RPH.

Baca Juga : April Launching Wisata Heritage di Cimahi

“Memang RPH ini sejak 2002 sudah lama tak berfungsi, diawal 1990 an sudah mulai sepi,” ungkap Usi Sanusi, Warga Jalan Sukimun Kelurahan Baros.

Menurut dia, saat RPH masih berjalan sekitar 40 ekor ternak dipotong di Rumah Potong Hewan ini. Biasanya ramai dari subuh hingga pukul 10.00 atau sore hari. Sejak tak berfungsi bangunan RPH ini digunakan warga sekitar untuk berteduh dari panas dan hujan.

Dia berharap RPH ini bisa difungsikan kembali agar ada aktivitas warga dan kegiatan ekonomi.

“Kami sih berharap agar RPH ini untuk diaktifkan kembali, tetapi keputusannya ada di Pemkot Cimahi,” katanya.

Ternak yang dipotong di RPH ini biasanya kerbau, tetapi karena permintaan para penjual bakso, sapi pun banyak dipotong di tempat pemotongan hewan ini.

Baca Lainnya