Jumat, 4 Februari 2022 16:28

Ridwan Kamil Usulkan Tunjuk Langsung BUMD untuk Proyek Mendesak

Penulis : Iman Nurdin
Ridwan Kamil Usulkan Tunjuk Langsung  BUMD untuk Proyek Mendesak
Ridwan Kamil Usulkan Tunjuk Langsung BUMD untuk Proyek Mendesak [Iman Nurdin]

Cirebon (Limawaktu.id), - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan melakukan upaya terobosan dengan menunjuk langsung BUMD untuk proyek bina marga. Langkah ini dilakukan agar permasalahan bina marga segera cepat dikerjakan tanpa menunggu lelang.

"Kalau BUMD bisa mengerjakan dulu, urusan pembayaran bisa dibayar di anggaran perubahan, " kata Ridwan Kamil dalam sambutan peresmian penataan Jalan Kapt Tendean Ciledug-Bantarsari, di Kab. Cirebon, Jumat (4/02/2022).

Menurut Ridwan Kamil,  proyek-proyek  yang belum mendapat pos anggaran, tetapi sangat dibutuhkan oleh warga, bisa segera dilaksanakan oleh BUMD.

"Tentu saja harus koordinasi dengan DPRD, jika disetujui akan mulai bulan depan, " kata Ridwan Kamil.

Ide ini, kata Emil sapaan akrabnya, dari Presiden Joko Widodo yang menunjuk langsung BUMN dalam proyek tol dan lainnya. "Berkaca dari sini, saya juga berinisiatif melakukan hal yang sama untuk proyek yang urgen dan mendesak, " ujarnya.

Batas Provinsi

Sementara itu, Ridwan Kamil meresmikan   peningkatan dan pelebaran  ruas jalan Ciledug-Batas Jateng (Bantarsari) (jl. Kapten Tendean),  dengan  panjang 1,21 km. Proyek tersebut  menghabiskan anggaran Rp 9,7 milyar.

“Jaringan jalan yang baik merupakan prasyarat dalam pengembangan pembangunan wilayah maupun sekaligus faktor penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang memungkinkan adanya peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujar Emil.

Emil berharap sarana transportasi  memegang peranan vital dalam aspek sosial ekonomi melalui fungsi distribusi antara daerah satu dengan daerah yang lain.

“Semoga dengan penanganan jalan provinsi ini dapat memberikan konstribusi yang besar dalam pembangunan nasional dan Jawa Barat,” pungkas Emil.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Provinsi Jawa Barat, Bambang Tirttoyuliono, mengatakan bahwa Peningkatan ruas jalan Ciledug Jabar sampai Batas Jateng baru sebagian kecil yang dilakukan,karena masih ada  ruas jalan 1.210 km. Pembangunan ini  mempunyai nilai strategis menunjang pengembangan ekonomi dan aksebilitas wilayah perbatasan sehingga akan terus dilakukan pemelihraan dan perbaikan.

Pada tahun 2021, papar Bambang, juga dilakukan penambahan kapastias jalan yang asalnya lebar 6 menjadi 12 meter sepanjang 355 meter, 6 meter menjadi 10 meter sepanjang 855 meter. Sementara pelapisan hotmix 2 lapis 1.210 m, pelebaran jembatan Ciledug Wetan dan Ciledug Lor) dari 9 jadi 12 meter.

“Selain itu dilakukan  penataan trotoar 1.210 m, pemasangan lampu PJU, penanaman pohon, relokasi tugu perbatasan,” ujar Bambang.

Kartu BPJS

Dalam kesempatan peresmian  Gubernur Jawa Barat menyerahkan secara simbolis kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada 2.600 pegawai harian lepas (PHL) dilingkungan Dinas BMPR.  Diikutsertkannya para PHL dalam program BPJS Ketenagakerjaan untuk melindungi para pekerja tersebut.

Hadir dalam peresmian  Bupati Cirebon, H. Imron, dan Forkopimda Kabupaten Cirebon , Wakil Bupati Brebes, Sekdis PU dan Cipta Karya Prov Jateng, Ka. BPJS Kab. Cirebon Dedi Supriadi, Camat Ciledug, dan para Kepala Desa., Dari Dinas BMPR hadir para pejabat 3 dan 4 serta pejabat fungsioanl

Baca Lainnya