Rabu, 12 Januari 2022 10:52

Ridwan Kamil Usulkan Jembatan Leuwigajah Dinamai Pahlawan Asal Cimahi

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengusulkan agar Double Track atau Jembatan Leuwigajah di Kota Cimahi diberi nama Pahlawan asal Kota Cimahi. Hal itu disampaikannya saat meresmikan Double Track Leuwigajah, di Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi, Rabu (12/01/2022).

Menurut Emil, sapaan akrabnya, jembatan Leuwigajah merupakan salah satu pembangunan infrasturuktur yang strategis diantara 40 puluh infrastruktur lainnya yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Ada sekitar 40 pembangunan strategis infrastruktur di Jawa Barat, salah satunya adalah pembangunan jembatan Leuwigajah ini,” terangnya.

Dikatakannya, pandemic Covid-19 yang terjadi saat ini mengakibatkan Pemprov Jabar kehilangan pendapatan hampir Rp5 Trilun, namun kondisi tersebut tak menghalangi untuk dilaksanakannya sejumlah pembangunan infrastruktur di Jawa Barat, karena dampaknya akan mendorong pemulihan ekonomi di masyarakat. 

Disisi lain, Emil pun meminta kepada Pemkot Cimahi agar mencari nama pahlawan asal Kota Cimahi untuk digunakan sebagai nama jembatan Leuwigajah ini. Pemberian nama pahlawan ini dimaksudkan untuk memberikan penghargaan kepada pahlawan yang telah berjasa.

“Tahun ini agar dicari nama  pahlawan asal Cimahi, semakin banyak penghargaan menunjukan jika Cimahi merupakan bagian dari bangsa yang besar,” pungkasnya.  

Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat Bambang Bambang Tirtoyuliono menyebutkan, jembatan Leuwigajah dibangun mulai 2020 dan 2021 dalam dua tahun anggaran.

“Pada 2020 bangunan bawah dilakukan dengan anggaran Rp17,5 Miliar dan dilanjutkan pada 2021 dengan dana Rp7 Miliar, yang dapat dituntaskan pada 20 Desember 2021. Jembatan ini dibangun untuk mengurai kemacetan yang hamper  terjadi sepanjang hari,” sebutnya.

 

Baca Lainnya