Jumat, 22 November 2019 18:44

Ridwan Kamil Tetapkan UMK Lewat Surat Edaran, Buruh Cimahi: 'Jawaban yang Menyakitkan'

Reporter : Fery Bangkit 
Ratusan Buruh Pabrik Saat  Demo  Kota Cimahi
Ratusan Buruh Pabrik Saat Demo Kota Cimahi [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Penetapan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) se-Jawa Barat menggunakan surat edaran yang dikeluarkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dinilai menyakitkan para buruh di Kota Cimahi.

Sebab, buruh menilai legalitas UMK dalam bentuk surat edaran sifatnya masih lemah dan bisa menjadi celah bagi perusahaan untuk tidak mengikuti kenaikan upah terbaru tahun yang akan berlaku awal tahun depan. Termasuk mengajukan ke Pengadilan Tata Usaha Negeri (PTUN).

"Jawaban yang menyakitkan. Kalau bentuknya surat edaran itu sifatnya lemah secara hukum. Memberikan kesempatan perusahaan untuk tidak melakukan kenaikan upah," ujar Ketua Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASB) Kota Cimahi, Siti Eni saat dihubungi via sambungan telepon, Jumat (22/11/2019).

Sebelumnya, Ridwan Kamil menetapkan UMK tahun 2020 menggunakan Surat Edaran Nomor:561/75/Yanbangsos tentang Pelaksanaan UMK Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2020. Berbeda dari tahun sebelumnya yang menggunakan Surat Keputusan (SK). Dalam surat tersebut, upah buru di Kota Cimahi tahun 2020 sebesar Rp3.139.274,74.

Menurut Siti Eni, keluarnya surat edaran tentang UMK tahun 2020 itu seperti menggambarkan seorang Ridwan Kamil menjadi seorang pemain dalam penetapan upah ini. Padahal, sebelumnya selalu menggunakan SK. "Justru Ridwan Kamil sudah menjadi pemain dan cenderung mempermainkan kawan-kawan buruh saat ini. Apakah gak biadab, menurut kami itu sangat biadab," tegasnya.

Selain mengenai legalitas, lanjut Siti Eni, para buruh juga mengaku kecewa dengan keputusan nominal yang ditetapkan. Kenaikan UMK tahun depan sendiri masih mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Atas keputusan Ridwan Kamil, pihaknya berencana akan menggelar aksi mogok kerja.
"Kita juga sedang mempersiapkan atau konsolidasi dengan kawan-kawan buruh lain untuk menginisiasi mogok daerah," pungkasnya.

Baca Lainnya