Kamis, 25 Maret 2021 10:58

Ridwan Kamil Melihat Kearifan Lokal di Kasepuhan Ciptagelar

Reporter : Saiful Huda Ems (SHE)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Berbincang dengan warga Ciptagelar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Berbincang dengan warga Ciptagelar [humas]

Limawaktu.id,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberi bantuan dan bermalam di salah satu wilayah adat Sunda tertua, Kasepuhan Ciptagelar yang berada jauh di puncak gunung di perbatasan Jawa Barat dan Banten.

Menurut dia, bantuan diberikan untuk perbaikan micro hydro, karena kampung ini seluruh listriknya datang dari turbin yang mengolah air-air sungai yang mengalir disana, sekaligus bantuan untuk pemulihan ekonomi kampung terdampak oleh covid.

“ Kasepuhan Cipta Gelar adalah sedikit sejarah nyata yang masih tersisa dari kebudayaan Sunda Tua di era modern ini. Tradisi menghormati alam dan menabung beras setiap panen adalah kearifan lokal yang membuat mereka tidak pernah krisis pangan, “ katanya, Kamis (25/3/2021).

Dia menyebutkan, beras ini disimpan lestari di bangunan kecil bernama LEUIT. Dan uniknya masih ada tabungan beras yang tersimpan dari tahun 1839z

“Semoga selalu lestari walaupun banyak digempur disrupsi oleh modernitas dan pandemic,” sebutnya.

Sebagai gubernur, dirinya harus memastikan perlindungan terhadap seluruh masyarakat berlangsung baik selama Covid-19," kata Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Selain itu, kata Kang Emil, masyarakat adat Kasepuhan Ciptagelar disiplin menjaga lingkungannya dari penularan Covid-19.

"Dalam pandangan saya Covid-19 ini penyakit kota. Kasus banyaknya di kota seperti di Jabodetabek. Tapi kalau sudah ke gunung-gunung, pedalaman, semakin kecil kasus Covid-19," tuturnya.

Emil mengucapkan maaf kepada masyarakat adat Kasepuhan Ciptagelar karena dalam setahun ke belakang baru bisa kembali mengunjungi kasepuhan-kasepuhan yang ada di Jabar.

 

 

 

 

Baca Lainnya