Rabu, 16 Agustus 2023 8:57

Ridwan Kamil: Jurnalis Harus Kritis Sampaikan Dengan Baik

Penulis : Isnur
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendapat cendera mata dari Ketua Umum IJTI Herik Kurniawan pada Jambore Jurnalis TV di Mulberry Hills The Lodge Maribaya, Selasa (15/8/2923) malam.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendapat cendera mata dari Ketua Umum IJTI Herik Kurniawan pada Jambore Jurnalis TV di Mulberry Hills The Lodge Maribaya, Selasa (15/8/2923) malam. [Iman Nurdin]

Limawaktu.id -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta agar jurnalis tetap kritis kepada pemegang kebijakan. Namun tetap narasi yang santun sehingga tidak menimbulkan dinamika yang tidak perlu.

"Jurnalis harus tetap kritis, tetapi masalah cara penyampaian adalah pilihan. Jadi sampaikan kritik itu dengan yang tidak menimbulkan dinamika yang tidak perlu," kata Ridwan Kamil saat memberikan sambutan pada Jambore Jurnalis TV IJTI Jabar  di Mulberry Hills The Lodge, Maribaya, Kab Bandung Barat, Selasa (15/8/2023) malam.

Pada acara yang dihadiri ratusan jurnalis televisi dari 12 Korda Jabar  tersebut, hadir Ketua Umum Ikatan (IJTI) Jurnalis Televisi Indonesia Herik Kurniawan, Ketua IJTI Jabar Iqwan Saba Romli,  Kepala Bapeda Jabar Iendra Sofyan dan Kapala Badan Kesbangpol Jabar Iip  Hidayat, Kabag Media Diskominfo Jabar Faiz Abdurahman.

Ridwan Kamil meminta setiap berita yang menyibak informasi tentang masalah  pejabat seharusnya ditayangkan berbarengan dengan tanggapan dari pejabat itu dalam satu berita. Karena sering kali media memberitakan informasi tentang masalah dalam satu berita, sedangkan tanggapan di berita yang lain.

Hal ini, lanjutnya, berita keburukan biasanya viral dibandingkan dengan berita jawaban. "Saya sering mendapat pertanyaan dari warga tentang masalah yang sudah saya jawab. Tapi karena tidak dalam satu berita, jawaban saya jadi kurang mendapat perhatian dari warga," ujarnya.

Gubernur Jabar yang akan habis masa jabatan pada 5 September 2023 ini mengatakan saat ini media mengalami distrupsi sehingga para jurnalis harus mampu beradaptasi. Apalagi saat ini masyarakat tidak bisa bertahan menyimak berita lebih dari 60 detik.

"Inilah yang perlu media menyesuaikan dengan trend masyarakat agar tidak ditinggalkan. Inilah yang dimanfaatkan para anak muda dengan konten kekinian, mereka mendapat tempat di hati masyakarat," ujarnya.


Capaian 5 tahun

Pada kesempatan tersebut, Ridwan Kamil memaparkan kilasan capaian yang sudah diraih selama 5 tahun jabatan Gubenur  Jabar. Salah satu menonjol ada 545 penghargaan kepada Jawa Barat dari berbagai bidang.

"Kita mengalami 2 tahun masa Covid-19 yang membuat semua bergeser dari anggaran dan kerja pemerintahan. Ini yang tidak akan hilang dari sejarah pemerintahan di Jawa Barat. Meski begitu, Alhamdulillah kita masih mendapat banyak pengahargaan atas prestasi kinerja pemerintahan," ujarnya.

Begitupun Rebana, Ridwan Kamil mengaku sebagai urban planer menjadi sejarah yang akan membentuk 13 kota baru untuk 50 tahun ke depan. Dengan begitu akan terbuka 4-5 juta tenaga kerja di sana.

"Alhamdulillah mendapat dukungan dari pemerintah pusat, Pak Jokowi memberikan 400 triliun untuk Rebana," katanya.

Stunting di Jawa Barat, kata Ridwan Kamil, terbaik versi BKKBN. Lima tahun ke depan, Jabar akan mengalami zero stunting.

Begitu pula Jabar mengalami swasembada beras. Emil, sapaan akrabnya, sudah mencapai 1,3 juta ton per tahun dan menambah 60 ribu areal panen baru. "Inilah yang capaian sudah kita berikan selama 5 tahun ini," pungkasnya.

Baca Lainnya