Selasa, 3 Oktober 2017 21:48

Ribuan Kucing dan Anjing Divaksin Anti Rabies

Seekor Anjing sedang di Vaksin Rabies
Seekor Anjing sedang di Vaksin Rabies [limawaktu]

Limawaktu.id,- Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, melakukan vaksin suntik rabies untuk ribuan kucing dan anjing yang dilaksanakan di 13 kecamatan di Kabupaten Bandung sejak  Agustus hingga Oktober 2017.

Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masayarakat Veteriner, Euis Rihayani mengatakan, pihaknya telah melakukan vaksin terhadap 2854 ekor kucing dan anjing, supaya tidak terkena penyakit rabies. "Pelaksanaan suntik rabies itu, dilakukan dalam rangka Hari Rabies yang dilaksanakan di 13 kecamatan di Kabupaten Bandung," kata Euis saat diwawancara, Selasa (3/10).

Lebih lanjut  Euis mengungkapkan,  hasil pemeriksaan di lapangan populasi anjing lebih tinggi dibandingkan kucing. "Di wilayah Majalaya, Baleendah dan Soreang populasi kucing dan anjing sangat banyak. Sebetulnya kegiatan yang kami laksanakan harus mencapai target sekitar 3000 ekor kucing dan anjing," ungkapnya.

Di tahun 2017 ini, baru menemukan satu ekor kucing yang terkena positif rabies, di wilayah Tanjung Sari Kecamatan Cangkuang. "Satu kucing terdeteksi rabies, pemiliknya langsung diberi vaksin oleh Dinas Kesehatan," ucapnya.

Euis juga menjelaskan, selain melakukan suntik rabies, pihaknya juga melakukan kastrasi untuk kucing dan anjing atau kebiri agar tidak punya anak lagi dan eleminasi  pemusnahan untuk anjing liar serta tidak ada pemiliknya yang mengganggu ketertiban seperti di tempat sampah atau gunung-gunung.

"Sosialisasi dan kegiatan ini akan terus kami lakukan, supaya terkontrol populasi kucing dan anjing, untuk Jabar bebas rabies tahun 2018 dan nasional bebas rabies tahun 2020," paparnya. (lie)*