Jumat, 13 September 2019 19:41

Revisi RTRW yang Catut LRT Bandung Raya Dibahas Tahun Depan

Reporter : Fery Bangkit 
Ilustrasi LRT  (Light Rail Transit)
Ilustrasi LRT (Light Rail Transit) [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cimahi menyebutkan, revisi Peraturan Daerah (Perda) tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) sudah masuk dalam Program Legislasi Daerah (Proglegda) DPRD Kota Cimahi.

"Target secepatnya. Diupayakan tahun depan sudah pembahasan Raperda karena sudah masuk Proglegda," terang
Kepala Bidang Perencanaan Fisik pada Bappeda Kota Cimahi, Febri Widyatmoko saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Jumat (23/9/2019).

Salah satu point penting yang baru dimasukan dalam revisi RTRW terbaru itu adalah seputar pembangunan Light Rail Transit (LRT) Bandung Raya yang dimotori Pemprov Jabar. Secara keseluruhan, kata Febri, pihaknya sangat mendukung adanya LRT Bandung Raya yang melintasi Kota Cimahi. Sebab, adanya transportasi massal itu bisa mengurangi kemacetan dan mengalihkan penggunaan pribadi ke angkutan massal.

"Kami mencantumkan di dokumen RTRW. Karena jalan nasional, sepertinya tidak akan ada pembebasan lahan. Ini kan jalurnya mungkin di atas (monorel)," jelasnya. Sebelumnya, Kepala Seksi Angkutan pada Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ranto Sitanggang mengatakan, berdasarkan hasil rapat dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah mengeluarkan hasil study trase dimana LRT Bandung Raya
Koridor Barat-Timur akan menghubungkan Leuwipanjang-Cimahi- Padalarang-Ciburuy (Bandung Barat).

"Dengan hasil kajian panjang jalur rel 20,12 km. Untuk penerapannya, ke depan akan dibangun berupa monorel atau jalur yang terdiri dari rel tunggal," terang Ranto. Ranto menjelaskan dari hasil study trase, muncul usulan tujuh segmen untuk untuk menunjang transportasi massal LRT Bandung Raya. Segmen I adalah Leuwipanjang - Caringin -Pasirkoja, segmen 2 Pasirkoja - Cibeureum.

Segmen 3 Rajawali - Cimindi, segmen 4 Cimindi - Cibabat, segmen 5 Cihanjuang-Alun-alum Cimahi, segmen 6 Cimahi - Kota Baru Parahyangan dan segmen 7 Padalarang - Ciburuy. "Nantinya akan dibangun stasiun monorel awal dan akhir, mulai dari Leuwipanjang dan di Ciburuy," katanya.

Khusus di Kota Cimahi, stasiun monorel itu akan dibangun di lima lokasi berbeda. Yakni di Cimindi, Cibabat, Cihanjuang, Alun-alun Cimahi dan Sangkuriang. Pihaknya sendiri berharap dalam penentuan lokasi stasiun monorel yang berada di Kota Cimahi tetap memperhatikan juga ketersediaan angkutan feeder (pengumpan). "Jangan sampai penentuan titik lokasi stasiun monorel di wilayah yang tidak terdapat moda transportasi angkutan lainnya sebagai feeder," tegas Ranto.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer