Senin, 27 Mei 2019 17:59

Respon Tak Diduga dari Gerakan Sedekah Kerudung Alumni SMA 4 Bandung

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id - Respon luar biasa mewarnai Gerakan Sedekah Ke­rudung yang digagas Alumni SMA Negeri 4 Bandung yang berada di Kota Cimahi. Betapa tidak, gerakan yang awalnya hanya berupa obrolan di Grup Whatsapp alumni, akhirnya mendapatkan respon meluas dari warga di berbagai kota. Tak hanya di Kota Cimahi, gerakan ini juga meluas hingga ke beberapa kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten hingga Lampung.

“Ide mengum­pulkan kerudung berawal dari obrolan teman teman saat acara botram (makan bersama) jelang puasa,” ungkap Fajar Firdaus, penggagas Gerakan Sedekah Kerudung , Senin (27/5).

Berawal dari obrolan itulah, Fajar mengajak beberapa kawan­nya yang ternyata juga memi­liki pandangan yang sama untuk membuat gerakan Sedekah Kerudung. Lewat akun media sosial Instagram dipublikasikanlah kegiatan sosial ini.

“Gerakan Sedekah Kerudung ini awalnya hanya sebuah obrolan antar teman sesama alumni SMA 4 Bandung yang ada di Cimahi, alhamdulillah sekarang sudah terkumpul 20 ribu lembar kerudung,” sebutnya.

Respon yang positif dari masyarakat ini tak lepas dari keberadaan para relawan di berbagai komu­nitas dan organisasi untuk bergabung. Sehingga, dalam sepekan saja ada 1.000 orang lebih yang mengikuti akun @SedekahKerudung.

”Para relawan tak hanya berdo­misili di Bandung Raya, tapi juga sampai Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Medan. Animonya ternyata luar biasa,” ungkapnya.

Hal yang sama disampaikan pelaksana kegiatan Gerakan Sedekah Kerudung Sri Kuntari.

Awalnya kami hanya berpikir jika pengumpulan kerudung ini hanya yang layak pakai, tetapi ternyata banyak juga yang mengirimkan kerudung yang masih baru untuk disumbangkan kepada yang membutuhkan. Seorang penyumbang bisa puluhan memberikan kerudungnya.

“Sekitar 30 persen kerudung yang masuk ke kami, itu masih baru,” kata wanita yang akrab dipanggil Ukun ini.

Dia melanjutkan, setelah kerudung diterima tak langsung dibagikan tetapi dibersihkan dan disetrika terlebih dahulu sebelum dipacking.

Saat ini kerudung yang terkumpul sudah didistribusikan untuk mereka yang membutuhkannya.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada para donator dan relawan yang sudah memberikan respon luar biasa atas Gerakan Sedekah Kerudung ini, “ pungkas dia.

Baca Lainnya