Rabu, 24 Januari 2018 17:24

Relokasi GT Pasteur I Ditunda Hingga Satu Pekan

Reporter : Fery Bangkit 
Relokasi Gerbang Tol
Relokasi Gerbang Tol [Limawaktu]

Limawaktu.id, - Rencana perpindahan Gerbang Tol (GT) Pasteur I ke dekat Simpang Susun Baros, Kota Cimahi terpaksa harus ditunda.

Awalnya, relokasi akan dilakukan Selasa (23/1/2018). Namun, lantaran ada sejumlah pekerjaan yang belum selesai, akhrinya ditunda hingga sepekan ke depan.

Saat ini, puluhan pekerja proyek sedang berpacu dengan waktu untuk menyelesaikan proyek relokasi pintu tol tersebut. Rencananya, peresmian relokasi Pintu Tol Pasteur I akan dilaksanakan pada hari Selasa (30/1/2018) pukul 00.00.

Humas PT Jasa Marga Cabang Purbaleunyi, Dadan Saripudin menjelaskan, alasan penundaan peresmian itu terjadi karena ada beberapa pengerjaan proyek yang memang belum selesai.

"Memang ada proyek yang terlambat, seperti rekonstruksi jalan dan pengerasan di beberapa lajur, mengingat traffic di Tol Pasteur cukup padat, hingga 32 ribu kendaraan yang melintas setiap harinya," ungkap Dadan saat ditemui di Gerbang Tol Baros, Selasa (23/1/2018).

Berdasarkan pantauan di lokasi, pengerasan jalan tersebut menggunakan alat berat yang saat ini masih terus bekerja.

Dikatakan Dadan, hambatan lain yang menunda peresmian Pintu Tol Pasteur itu yakni ada beberapa pintu yang juga masih menunggu proses penyelesaian.

"Ada beberapa pintu yang memang masih belum dipasang portalnya, mesin tapping, dan pendukung lainnya. Sekarang pengerjaan terus kita kebut, mudah-mudahan bisa selesai tepat waktu," katanya.

Menurut Dadan, jika pihaknya memaksakan untuk membuka gerbang tol tersebut dalam keadaan belum selesai, bisa membahayakan pengendara yang melintas dan menghambat pekerjaan proyek.

"Karena kalau memaksakan untuk dibuka pada hari ini, justru akan menyebabkan kemacetan. Kasihan kendaraan yang melintas, bukannya dimudahkan, justru dipersulit," bebernya.

Secara keseluruhan, ada enam pintu tol yang disiapkan oleh PT. Jasa Marga Cabang Purbaleunyi. Nantinya, kendaraan yang melaju dari arah Pasteur menuju Padalarang, Purwakarta, dan Jakarta maupun sebaliknya, tak perlu melakukan tapping di Pintu Tol Pasteur saat ini.

"Kalau yang ke arah Cimahi nanti hanya satu kali tapping saja, itu saat mau keluar Pintu Tol Baros. Jadi nanti Pintu Tol Pasteur awal, portalnya akan dibuka," tutur Dadan.

Baca Lainnya