Jumat, 29 Desember 2017 14:12

Realisasi Pembangunan Masjid di Komplek Pemkot Cimahi Capai 55%

Reporter : Fery Bangkit 
Pembangunan Masjid di Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Cimahi.
Pembangunan Masjid di Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Cimahi. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Cimahi menyebutkan, pembangunan tahap pertama masjid di Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah tuntas sesuai target, yakni 55%.

Pembangunan masjid yang terletak di atas embung UPT Air Bersih tersebut dimulai sejak 12 September 2017. Untuk pembangunan tahap pertama, Dinas PUTR menggelontorkan anggaran mencapai Rp2.909.768.000 dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi, sesuai nilai kontrak dengan perusahaan pemenang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Cimahi, Ahmad Nuryana mengatakan, pembangunan masjid tahap pertama itu akan diakhiri hari ini (29/12).

"Pembangunan tahap pertama selesai hari ini. Sesuai target, selesai 55 persen," ujar Ahmad Nuryana saat ditemui di Perkantoran Pemerintah Kota Cimahi, Jum'at (29/12/2017).

Dikatakannya, pembangunan masjid tahap pertama hanya meliputi pembangunan struktur masjid saja.

Sedangkan penyelsaian pembangunan tahap kedua, akan dimulai tahun 2018 dengan pagu anggaran mencapai Rp 3 miliar dari APBD Kota Cimahi tahun 2018.

"Tahun depan dilanjut lagi. Januari awal kita masukan dokumen lelang," katanya.

Jika lelang sudah ada pemenangnya, lanjut Achmad, pihaknya menargetkan pembangunan fisik tahap dua dimulai Februari 2018.

Penentuan pemenang lelang akan ditentkan oleh Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemerintah Kota Cimahi, yang disesuaikan dengan aturan.

"Proses lelang paling cepet sekitar 40 hari. Paling akhir Februari mudah-mudahan kita bisa mulai," tuturnya.

Berdasarkan denah, Masjid Perkantoran Pemkot Cimahi akan memiliki tiga lantai. Pertama ada lantai dasar dengan luas 212 meter persegi.

"Di lantai dasar itu ada managemen, kantor DKM, tempat wudhu, toilet dan lain-lain," terang Ahmad.

Selanjutnya, lantai kedua akan memiliki kapasitas 350 jemaah, dengan luas 400 meter persegi. Lantai ketiga memiliki luas 252 meter dengan kapasitas 225 jemaah.