Selasa, 18 Juni 2024 10:22

Rayakan Iduladha Sekda Kota Cimahi Ajak Tingkatkan Kesalehan Sosial

Penulis : Wawan Gunawan
Usai Salat Iduladha, Sekda Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan menyerahkan hewan kurban kepada Ketua DKM Masjid Agung, Dadan Darmawan, Senin (17/6/2024)
Usai Salat Iduladha, Sekda Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan menyerahkan hewan kurban kepada Ketua DKM Masjid Agung, Dadan Darmawan, Senin (17/6/2024) [Diskominfo Kota Cimahi ]

Limawaktu.id, Kota Cimahi- Momen Iduladha adalah mengenang peristiwa agung, kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS, yang dengan ikhlas melaksanakan perintah Allah SWT. Kisah ini, yang terukir indah dalam Al-Quran, mengajarkan kita tentang makna sejati berkurban.

“Berkurban bukanlah sekadar ritual, tetapi harus mampu menggugah hati dan perasaan, menghargai nilai-nilai kemanusiaan yang tersirat di balik pelaksanaannya, kata Sekretaris Daerah ( Sekda) Kota Cimahi H Dikdik S Nugrahawan, Senin (17/6/2024).

Menurutnya, di momen Idul Qurban  mari kita tingkatkan kesalehan sosial di Kota Cimahi. Tebarkan kasih sayang, bangun toleransi dan kebersamaan, serta tingkatkan kepedulian terhadap fakir miskin dan kaum dhuafa. Kebersihan dan keindahan lingkungan juga menjadi tanggung jawab kita bersama. Semua ini merupakan modal sosial yang berharga bagi kelanjutan pembangunan kota kita.

Melalui Iduladha ini, kita hidupkan semangat berbagi dan saling melengkapi. Insya Allah, dengan kebersamaan, berbagai masalah yang timbul akan segera dapat teratasi.

Dikatakannya, menyambut hari raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban momentum bersejarah yang sangat berharga bagi kehidupan umat manusia, mencerminkan kecintaan kepada Allah SWT, seperti yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim AS dan keluarganya.

“ Keikhlasan yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim AS adalah teladan bagi kita untuk berbagi dengan saudara-saudara kita yang kurang mampu atau sedang ditimpa bencana. Berkurban, baik secara material maupun non-material, seperti tenaga dan pikiran, merupakan bentuk pengorbanan demi kepentingan bersama,” katanya.

Dia  berharap, melalui kebersamaan ini, kita mampu meningkatkan pemberdayaan ekonomi dan masyarakat menuju kemandirian sosial dan ekonomi. Kesalehan sosial warga Muslim Kota Cimahi diharapkan terus meningkat, dengan menebarkan kasih sayang, toleransi, kebersamaan, serta kepedulian terhadap fakir miskin dan lingkungan sekitar.

“Semua ini adalah modal sosial yang berharga bagi keberhasilan pembangunan Kota Cimahi ke depan,” tutup Dikdik.

Usai salat iduladha di Masjid Agung Kota Cimahi, Dilanjutkan dengan meninjau pemotongan hewan kurban di Masjid Agung Kota Cimahi, hewan kurban yang dipotong tersebut berupa hewan sapi dan kambing yang kemudian dagingnya akan dibagikan kepada masyarakat di lingkungan Masjid Agung Kota Cimahi.

 

Baca Lainnya