Jumat, 15 Februari 2019 15:13

Ratusan Hewan Anjing jadi Ancaman Rabies, Pemkot Cimahi Siapkan 600 Vaksin Tahun ini

Reporter : Fery Bangkit 
Petugas Tengah Melakukan Pemberian Vaksin Rabies Terhadap Anjing.
Petugas Tengah Melakukan Pemberian Vaksin Rabies Terhadap Anjing. [ferybangkit]

Limawaktu.id - Sebanyak 485 ekor hewan anjing dan kucing bisa menjadi ancaman penularan rabies bagi warga Kota Cimahi jika tak dipelihara dengan baik. Minimal, hewan penular rabies itu harus divaksinasi setahun satu kali.

"Berdasarkan rekap vaksinasi 2018, hewan penular rabies di Cimahi ada 485 ekor, 75 anjing dan 410 kucing," kata Kepala Bidang Pertanian pada Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi, Mita Mustika sari saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Jum'at (15/2/2019).

Baca Juga : Stok Dosis Vaksin Rabies di Cimahi Semakin Menipis

Diakuinya, sejak Kota Cimahi berdiri memang belum ada laporan positif soal kasus rabies. Namun, sebagai antisipasinya, pihaknya bakal tetap melakukan vaksinasi rutin bagi hewan-hewan penyebar rabies itu.

"Kota Cimahi masih bebas rabies. Kasus terakhir rabies terjadi tahun 1994. Antisipasinya kita akan melakukan vaksinasi rabies di seluruh Kota Cimahi yang akan dimulai minggu ke-4 bulan Februari," terang Mita.

Rencananya, untuk vaksinasi hewan penular rabies tahun ini, Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi telah menyediakan 600 dosis vaksin rabies, sesuai yang ditargetkan yakni ada 600 hewan yang tervaksin. 

"Sampai saat ini belum ada laporan gigitan anjing. Kita akan cepat tanggap ketika ada laporan gigitan hewan penular rabies," ujarnya.

Baca Lainnya