Sabtu, 11 April 2020 13:34

Ratusan Buruh di Cimahi Dirumahkan dan Kena PHK, ini Perbedaannya!

Ratusan Buruh Karyawan Pabrik Saat Demo Beberapa Waktu Lalu
Ratusan Buruh Karyawan Pabrik Saat Demo Beberapa Waktu Lalu [Fery Bangkit]

Limawaktu.id – Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Cimahi mengungkapkan, ada 961 buruh di Kota Cimahi yang dirumahkan dan terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karena dampak Corona Virus Disease (Covid-19).

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jamsostek Kota Cimahi, Uce Herdiana mengatakan, ratusan karyawan yang dirumahkan dan di-PHK berasal dari 12 perusahaan yang ada di Kota Cimahi.

“Sudah ada 8 perusahaan yang melakukan PHK dengan jumlah karyawan 406. Ada 3 perusahaan yang merumahkan karyawan dengan total 555 orang,” terang Uce saat dihubungi, Sabtu (11/4/2020).

Ia menjelaskan, perusahaan yang melakukan PHK hingga kini masih beroperasi. Hanya saja ada pengurangan pekerjanya akibat penurunan order yang dialami perusahaan selama pandemi Covid-19.

“Tetap jalan hanya mengurangi pekerjanya,” ucapnya.

Sedangkan perusahaan yang merumahkan pekerjanya, terang Uce, masih ada hubungan kerja dengan perusahaan. Namun besaran upah dimuysawarahkan dengan mengacu kepada Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor M/3/HK.04/III/2020.

“Ketika suasana keberlangsungan sudah kondusif maka pekerja yang dirumahkan dipanggil lagi oleh perusahaan,” jelas Uce.

Dikatakan Uce, data yang masuk itu merupakan jumlah sementara. Kemudian, kata dia, buruh yang sudah terdampak PHK dan dirumahkan akan didaftarkan untuk mendapatkan Kartu Pra Kerja yang digagas pemerintah pusat.

“Ini merupakan data sementara, mudah-mudahan tidak bertambah,” sebutnya.

Uce melanjutkan, mayoritas perusahaan di Kota Cimahi masih bekerja. Hanya saja mayoritas sudah menerapkan libur bergilir. Ada juga yang mengurangi jam kerjanya dan masih beroperasi normal dengan menerapkan anjuran pemerintah seperti menggunakan masker serta pola physical dan social distancing.

“Allhamdulilah mayoritas masih beroperasi dengan mematahui protokol kesehatan yang dianjurkan. Perursahaan besar menangah kecil ada 266,” pungkas Uce.

Baca Lainnya