Selasa, 14 Januari 2020 18:11

Ratusan ASN Cimahi Masuk Usia Pensiun Tahun ini

PNS saat Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Beberapa Waktu Lalu
PNS saat Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Beberapa Waktu Lalu [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Pemkot Cimahi mencatat, tahun ini akan ada 202 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memasuki Batas Usia Pensiun (BUP). Rinciannya, pejabat struktural sebanyak 27 orang, dan pejabat fungsional 175 orang.

Di dalamnya termasuk tiga pejabat eselon II yakni Asisten Pemerintahan Sri Nurul Handayani, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) M. Suryadi, dan Kepala Inspektorat Untung Undiyanto.

Kepala Badan Pengelolaan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Daerah (BPKSDMD), Ahmad Saefulloh mengatakan, ratusan ASN yang akan pensiun hanya yang tercatat masuk purna bakti. Belum termasuk Atas Permintaan Sendiri (APS) atau pensiun dini.

"Ya mereka pensiun sesuai dengan undang-undang ASN, tentu mereka yang masuk pensiun harus mengikuti aturan yang berlaku" ungkapnya di Pemkot Cimahi Jln. Demang Hardjakusuma, Selasa (14/1/2020).

Dijelaskan Ahmad, ASN yang akan masuk masa pensiun didominasi oleh tenaga pengajar. Sementara terkait dengan jumlah ASN yang pensiun dini, Ahmad mengaku belum mengetahui jumlahnya. "Kalau pensiun dini biasanya 'kan atas permintaan sendiri. Belum ada pengajuan pensiun dini untuk tahun 2020," ujar Ahmad.

Dengan banyaknya ASN yang masuk masa purna bakti, kata Ahmad, maka secara otomatis akan mengurangi jumlah ASN di Kota Cimahi yang saat ini mencapai 4.444 orang. "Jumlah ASN tahun 2020 setelah dikurangi yang pensiun sebanyak 4.242 Orang," ucapnya.

Untuk menutupi kekurangan tersebut, ujar dia, pihaknya akan mengoptimalkan pegawai yang ada, yang disertai penguatan sistem IT. "Contohnya di BKPSDMD hampir 90 % pekerjaan sudah by sistem. Selain itu ada rekrutmen CPNS yang kemarin baru dibuka pendaftarannya," terang Ahmad.

Sementara untuk kekosongan jabatan eselon II yang akan ditinggalkan sejumlah pejabat yang masuk purna bakti, lanjut Ahmad, dilakukan melalui sistem open bidding atau  seleksi terbuka. "Kami akan lakukan open bidding yang sedang kami siapkan," terangnya.

Baca Lainnya