Sabtu, 6 April 2024 22:43

Ramadhan Ceria jadi Ajang Ekspresi para Seniman Cimahi

Penulis : Bubun Munawar

Limawaktu.id, Kota Cimahi – Berbagai aktivitas masyarakat dilakukan dalam mengisi kegiatan Bulan Ramadan 1445 H, salah satunya seperti yang dilaksanakan oleh Para seniman yang tergabung dalam Seniman Cimahi (Senci) Ngahiji yang bertajuk ‘Ramadhan Ceria Ngabuburit Bareng Kang Dikdik’ di Area Rooftop Cimahi Mall pada Sabtu hingga Minggu 6-7 April 2024.

Kegiatan Senci tersebut dimeriahkan dengan Lomba Mewarnai Tingkat TK dan SD, Lomba Fashion Show, Lomba Qasidah Dewasa serta pentas musik.

Ketua Senci Uno Saxral mengatakan, Ramadhan Ceria ini sengaja digelar sebagai ajang silaturahmi diantara para seniman di Kota CImahi dalam mengisi kegiatan bulan Ramadan. Senci sendiri dibentuk sebagai sarana silaturahmi diantara para seniman yang ada di Kota Cimahi.

“Sebagai sarana silaturahmi semua komunitas bisa bergabung tanpa meninggalkan komunitas masing-masing,” katanya.

Dia menjelaskan, seniman itu tak hanya musisi saja tetapi lebih dari itu banyak mereka yang aktif di kegiatan seni lainnya baik seni modern maupun tradisional. Kedepan Senci berencana untuk membuat kegiatan lain.

Sementara, Salah seorang peserta Lomba Qasidah Imas mengungkapkan, dirinya sangat mengapresiasi apa yang dilaksanakan oleh Senci dengan melakukan kegiatan termasuk Lomba Qasidah yang sudah banyak ditinggalkan oleh generasi muda.

“Bagus acaranya untuk silaturahmi dan ajang mengasah bakat juga karena selama ini generasi muda banyak yang malu untuk berkesenian rebana seperti ini, sehingga bisa meningkatkan seni religi di Kota Cimahi, “ ungkapnya.

Dia berharap kedepan makin banyak pesertanya, makin banyak sponsor, dan acaranya bisa semakin meriah.

Sekda Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan yang hadir dalam acara ini menyatakan, ini merupakan hal yang bagus  para seniman yang ada di kota Cimahi sangat bersemangat ini menjadi kekuatan Cimahi untuk lebih maju.

Saat di singgung terkait tema Ngabuburit Bareng Kang Dikdik, yang di inisiasi oleh Senci Dikdik menjelaskan, hal ini tidak ada masalah, mungkin bisa di kaitkan dengan posisi saat ini sebagai Sekertaris Daerah (Sekda ) di Cimahi dengan harapan akan lebih memudahkan untuk berkolaborasi antara pemerintah kota Cimahi dengan para seniman.

"Untuk hari ini boleh saja Ngabuburit Bareng Kang Dikdik, mungkin tahun depan bisa  Ngabuburit Bareng Kang  Agus Subiyanto atau Ngabuburit Bareng Sule, misalnua, yang terpenting adalah menggali  potensi-potensi Cimahi, beri kesempatan bagi tokoh kita yang sudah di kenal oleh masyarakat luas.

Dikdik berpesan,  walaupun di bulan Ramadhan kita harus tetap produktif,mari kita posisikan Seni musik tidak indentik dengan hal-hal yang negatif, jangan sampai di sertai dengan minuman keras.

"Mudah-mudahan sekarang tidak ada lagi karena masyarakat Cimahi  sudah maju pemikirannya dan lebih fokus pada prestasi, " tandasnya.

Baca Lainnya