Kamis, 21 Maret 2024 12:26

RAK Munculkan Gagasan dan Kinerja untuk Majukan HMI Komisariat Psikologi

Penulis : Bubun Munawar
Pengurus HMI Komisariat Psikologi berfoto bersama usai  Rapat Anggota Komisariat (RAK) pada 18 Maret 2024, yang diadakan di Pusat Kegiatan HMI Cabang Kabupaten Bandung (PusGit).
Pengurus HMI Komisariat Psikologi berfoto bersama usai Rapat Anggota Komisariat (RAK) pada 18 Maret 2024, yang diadakan di Pusat Kegiatan HMI Cabang Kabupaten Bandung (PusGit). [Istimewa]

Limawaktu.id, Bandung – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Psikologi telah menggelar   Rapat Anggota Komisariat (RAK) pada 18 Maret 2024, yang diadakan di Pusat Kegiatan HMI Cabang Kabupaten Bandung (PusGit).

“RAK merupakan forum penting yang diadakan Himpunan Mahasiswa Islam sesuai pada pasal 17 ART konstitusi HMI, yaitu melaporkan pertanggungjawaban pengurus (LPJ) dan memilih ketua umum komisariat (formatur) dan susunan pengurus melalui med formatur yang baru,” terang Pengurus Komisariat terpilih Fadhilah Noor Nabiilah, dalam keterangan tertulis yang diterima Limawaktu.id, Kamis (21/3/2024).

Menurutnya, Rapat Anggota Komisariat (RAK) HMI berfungsi sebagai wadah partisipatif bagi anggota dalam membuat keputusan organisasi, mengadakan diskusi tentang kebijakan dan strategi, serta mengevaluasi kinerja. Ini juga menjadi platform untuk mengembangkan kepemimpinan, memperkuat solidaritas, dan bertukar informasi antara pengurus dan anggota.

“Dengan pengambilan keputusan kolektif, rapat Anggota Komisariat HMI sangat penting dalam mencapai tujuan organisasi dan meningkatkan keterlibatan serta identitas anggota,” katanya.

Dia menjelaskan, Tema yang diusung  dalam RAK IX Komisariat Psikologi adalah ”Rekognisi Perjuangan HMI sebagai Langkah Epistemik Kader” yang diharapkan akan membawa gagasan serta kinerja yang mendatangkan kemajuan di Komisariat Psikologi. RAK Komisariat Psikologi melahirkan Izzan Faruqy sebagai formatur Ketua Umum HMI Komisariat Psikologi Periode 2024-2025.

Usai terpilih sebagai Ketua Umum Tim Formatur, Izzan mengungkapkan "RAK IX Komisariat Psikologi Cakaba ini adalah kontestasi yang menghimpun gagasan kedepan. Pimpinan kedepan adalah representasi citra HMI yang harus dipancarkan sesuai dengan 5 kualitas insan cita yang dimiliki HMI".

“Dengan ini, diharapkan pengurus komisariat yang akan datang memiliki epistemik yang baik agar citra komisariat Psikologi bisa menjadi contoh bagi komisariat-komisariat lainnya, begitu pula dengan para pengurus bisa menjadi contoh bagi kader-kader nya,” pungkasnya.

               

Baca Lainnya