Sabtu, 21 Oktober 2023 11:28

Raih 7 Medali Emas di Asian Games Hangzhou Kontingen Indonesia Dibubarkan

Reporter : Bubun Munawar
Chef de Mission (CdM)/Ketua Kontingen Asian Games 2023  Basuki Hadimuljono meberikan apresisasi kepada para atlet saat Pembubaran Tim Indonesia pada Asian Games ke-19 Hangzhou 2022 Tahun 2023 di Jakarta, Jumat (20/10/2023).
Chef de Mission (CdM)/Ketua Kontingen Asian Games 2023 Basuki Hadimuljono meberikan apresisasi kepada para atlet saat Pembubaran Tim Indonesia pada Asian Games ke-19 Hangzhou 2022 Tahun 2023 di Jakarta, Jumat (20/10/2023). [Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR]

Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono selaku Chef de Mission (CdM)/Ketua Kontingen Asian Games 2023 mengungkapkan, pihaknya  telah berusaha untuk memberikan yang terbaik buat Tim Indonesia. Capaian prestasi yang terbaik sudah dicapai yaitu  7 medali emas, 11 perak, dan 18 perunggu dengan beberapa rekor dunia dan Asia yang dipecahkan.

Hal tersebut disampikan  Basuki  dalam Pembubaran Tim Chef De Mission (Cdm) Kontingen Indonesia pada Asian Games ke-19 Hangzhou 2022 Tahun 2023 di Jakarta, Jumat (20/10/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Basuki memberikan apresiasi kepada para atlet peraih medali, yakni kepada para atlet yang bertanding di women dragon boat 500 meter dengan medali perak dan men dragon boat 1000 meter dengan medali emas. Sebelumnya, saat di Hangzhou, Menteri Basuki menyatakan juga telah memberikan apresiasi langsung kepada para atlet yang meraih medali.

"Apresiasi ini di luar bonus yang akan diberikan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga. Sebagai apresiasi, Kementerian PUPR juga akan memberikan dukungan infrastruktur untuk peningkatan prestasi olahraga Indonesia," kata Menteri Basuki.

Pertama, dikatakan Menteri Basuki, yang sudah dimulai adalah konstruksi Gelanggang Renang di Universitas Negeri Semarang. "Sekarang juga kita mau coba ditambah gelanggang renang di Universitas Negeri Jakarta sehingga atlet kita bisa berlatih secara kontinu," ujarnya.

Selanjutnya dikatakan Menteri Basuki adalah arena skateboard yang sudah disiapkan Kementerian PUPR di Taman Mini Indonesia Indah. "Kemudian hockey, sebetulnya sudah ada di GBK, saya juga rencanakan dan dilihat pengembangan lapangannya di Depok," ujarnya.

Terakhir, Menteri Basuki juga akan menyiapkan arena sepeda BMX di Pulomas dan Banyuwangi. "Saya lihat langsung kemarin memang dari pembinaan dan fasilitas harus ditingkatkan," katanya.

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari mengucapkan terima kasih atas dedikasi yang telah diberikan Menteri Basuki selama menjadi Chef de Mission (CdM)/Ketua Kontingen Asian Games 2023.

"Banyak fasilitas-fasilitas olahraga yang juga akan dibangun oleh Kementerian PUPR. Terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Menteri Basuki yang telah memberikan perhatian terbaik bagi perkembangan olahraga Indonesia," kata Raja Sapta Oktohari.

Deputi 4 Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Surono Mewakili Menpora Dito Ariotedjo mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim CdM Asian Games 2023 yang telah bekerja keras menyukseskan kontingen Indonesia selama bertanding di Hangzhou.

"Capaian prestasi semua atlet akan segera kembali disiapkan untuk secepatnya agar atlet-atlet dapat mengikuti babak kualifikasi Olimpiade 2024 di Paris," kata Surono.

Baca Lainnya