Senin, 26 Februari 2018 19:18

Putusnya Jembatan Sepanjang 30 Ganggu Aktifitas Warga Dua Desa di Bandung Barat

Reporter : Fery Bangkit 
Ilustrasi Jembatan Roboh.
Ilustrasi Jembatan Roboh. [Net]

Limawaktu.id,- Aktifitas warga Desa Gunung Masigit-Desa Citatah Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat tergangu akibat ambruknya jembatan yang menghubungkan dua desa tersebut.

Jembatan yang membentang di atas Sungai Ciames dengan panjang 30 meter dan lebar 2 meter itu terputus akibat derasnya hujan hingga mengakibatkan banjir pada Minggu (25/2).

Terputusnya akses terdekat antara dua desa tersebut otomatis membuat aktivitas warga menjadi terganggu. Pasalnya, warga harus memutar lebih jauh jika ingin melintas.

"Ga ada yang bisa lewat, semua harus memutar melewati Jalan Cikande yang jaraknya tiga kilometer," kata warga sekitar Amung (38), Senin (26/2/2018).

Ia mengaku, melihat langsung saat jembatan yang kontruksinya dari beton itu ambruk karena tak kuasa menahan debit air yang sangat deras. Imbasnya, siku-siku penopang jembatan tersebut tergerus air sungai yang meluap. Beruntung tidak ada korban hanyut dalam kejadian ini.

"Waktu kejadian hujan turun dengan lebat dan tidak ada warga yang melintas di atas jembatan tersebut," tuturnya.

Terpisah Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan bencana Daerah (BPBD) kbb, Dicky Maulana mengungkapkan, akibat hujan deras yang terjadi sepanjang Minggu malam mengakibatkan terjadi beberapa kejadian bencana.

Pihaknya banyak menerima laporan terkait bencana ini, seperti di wilayah Bojongkoneng, Ngamprah ada longsoran tanah yang menutup jalan.

Kemudian di Kampung Cicocok, Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, 12 rumah terendam banjir lumpur dan sebuah masjid juga rusak. Di Kampung Cihalimun RW 19 Desa Gunung Masigit juga terjadi longsor, termasuk di Padalarang, dan Cipongkor.

"Kami masih melakukan pendataan di lapangan. Yang pasti tidak ada korban jiwa dalam bencana ini dan bagi keluarga yang rumahnya rusak sudah mengungsi ke tempat yang aman," pungkasnya.

Baca Lainnya