Sabtu, 21 Oktober 2017 18:36

Puting Beliung Terjang 300 Rumah di Desa Cempaka Mulya

Salah seorang warga Desa Cempaka, Kec. Cimaung, Kab. Bandung, didepan rumah yang diterjang puting beliung, Sabtu (21/10/2017).
Salah seorang warga Desa Cempaka, Kec. Cimaung, Kab. Bandung, didepan rumah yang diterjang puting beliung, Sabtu (21/10/2017). [Limawaktu]

Limawaktu.id - Telah terjadi ANgin puting beliung menerjang Desa Campaka Mulya, Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung, Sabtu (21/10/2017), sekitar pukul 16.00 WIB, menyapu ratusan rumah.

Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Bukit Amanah, Deni Sopian mengungkapkan, sebelum angin puting beliung menerjang, desa didesa tersebut diguyur hujan deras disertai petir dan es. Tak lama kemudian angin bertiup kencang diiringi suara gemuruh.

"Ratusan rumah warga pun tersapu. Genting rumah beterbangan, begitu juga dengan pohon-pohon pun pada tumbang," kata Desi saat ditemui dilokasi kejadian.

Lebih lanjut lagi Deni menjelaskan, akibat puting beliung, diperkirakan rumah yang rusak sebanyak 300 unit dari beberapa RW. "Kira-kira 300 rumah yang rusak dari empat RW, yakni Rw 10, 6, 3, 8 Desa Campaka Mulya. Kejadian ini yang pertama kalinya, dikarena faktor cuaca ekstrim," jelasnya.

Selain itu, lanjut Deni, kejadian ini pun mengakibatkan satu orang atas nama Amid warga Rt 01 Rw 06 Desa Campaka Mulya, tertimpa pohon kayu pada saat sedang berteduh. "Meskipun tidak luka parah namun korban tidak bisa berdiri, sehingga masyarakat membawanya ke dokter terdekat," terangnya.

Reruntuhan Pohon Diterjang Angin Puting Beliung
Pohon tumbang diterjang angin puting beliung [Limawaktu]

Deni pun mengaku, hingga saat ini pihak pemerintah belum ada yang turun meninjau ke lokasi kejadian. Hanya masyarakat yang saling bahu membahu membetulkan rumah masing masing. "Semoga secepatnya ada penanganan dari pihak pemerintah dan dinas terkait," paparnya. (lie)*

Baca Lainnya