Rabu, 6 September 2023 8:00

Purnatugas, Ridwan Kamil: Lega dan Fokus Keluarga

Reporter : Iman
Purnatugas dari Gubernur Jawa Barat, RIdwan Kamil mengaku lega dan akan fokus pada keluarga
Purnatugas dari Gubernur Jawa Barat, RIdwan Kamil mengaku lega dan akan fokus pada keluarga [IST]

Limawaktu.id -- Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023 Ridwan Kamil mengaku lega setelah menuntaskan tugas dan jabatannya selama lima tahun sebagai Gubernur Jabar pada 5 September 2023.

Ditemui usai pelantikan Penjabat Gubernur Jabar di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa (5/9/2023), Ridwan Kamil menceritakan perasaan leganya karena telah bertugas memimpin masyarakat Jabar.

"Lega, lima tahun Wali Kota Bandung, lima tahun Gubernur Jabar saya tuntas bertugas dan lancar," ucap Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil.

Kang Emil menuturkan, pencapaian membanggakan selama memimpin hampir 50 juta warga Jabar adalah menghadirkan 555 perubahan di berbagai sektor.

Artinya, kata Kang Emil, sebanyak itu juga perubahan positif yang berdampak dan dirasakan masyarakat. 555 perubahan itu tercatat dalam penghargaan, baik di level nasional maupun internasional.

"Yang saya banggakan dalam rasa lega itu adalah selama lima tahun, kita mendapatkan penghargaan 555, berarti selama lima tahun ada 555 cerita perubahan yang sebelumnya kurang menjadi baik, gelap jadi terang, dan sebagainya," tuturnya.

"Saya tidak mengejar penghargaan, pada dasarnya saya itu kerja pakai hati, ikhlas dan sabar. Bahwa dalam kerja yang ikhlas itu terasa, terekam, terlihat, kemudian dikasih penghargaan oleh pihak ketiga. Saya hanya bersyukur saja bahwa ternyata apa yang kami lakukan diapresiasi oleh banyak pihak, baik dalam dan luar negeri," imbuhnya.

Kendati begitu, Kang Emil mengatakan bahwa masih terdapat kekurangan saat menjadi Gubernur Jabar. Kang Emil optimistis, Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin akan mampu meneruskan program-program yang belum tuntas.

"Tentulah saya juga punya kekurangan di balik prestasi. Saya juga mohon maaf ke warga Jabar kalau masih ada hal yang kurang berkenan dan nanti akan dilanjutkan oleh pengganti saya yang barusan dilantik," kata Kang Emil.

Kang Emil dan Uu Ruzhanul Ulum dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar periode 2018-2023 pada 5 September 2018 lalu. Tepat hari ini, jabatan keduanya telah berakhir.

Dalam momen pelantikan Penjabat Gubernur Jabar, Kang Emil tiba di Sasana Bhakti Praja (SBP) Gedung C Kemendagri sekitar pukul 08.30 WIB. Ia datang mengendarai sendiri mobil pribadinya dari Kota Bandung. Prosesi pelantikan Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sekaligus pelantikan TP PKK Provinsi.

Fokus Keluarga

Selain itu, Kang Emil juga mengatakan bahwa dirinya akan fokus mengurus keluarga dan beristirahat terlebih dulu setelah Purnatugas sebagai Gubernur Jabar periode 2018-2023.

"Suatu kebahagiaan saya bisa mengabdi kepada bangsa dan negara. Saya mohon izin mau jeda dulu beberapa saat ingin mengurus keluarga dulu," tutur Kang Emil.

Kang Emil juga menambahkan, dalam waktu dekat, ia akan mengurus putrinya melanjutkan pendidikan di luar negeri.

"Saya mau ngurus anak dulu, mau sekolah di luar negeri. Jadi saya akan mengantar anak saya bersekolah di luar dan itu butuh waktu sambil memonitor tentunya," ucapnya.

Baca Lainnya