Selasa, 5 Februari 2019 14:52

PUPR Cimahi Bakal Kucurkan Rp 45 M Tahun ini, untuk apa saja?

Reporter : Fery Bangkit 
Proses penyempurnaan pelebaran Jalan Raya Baros, depan Pusat Pendidikan Artileri Medan (Pusdik Armed).
Proses penyempurnaan pelebaran Jalan Raya Baros, depan Pusat Pendidikan Artileri Medan (Pusdik Armed). [ferybangkit]

Limawaktu.id - Duit sebanyak Rp 45 miliar siap digelontorkan untuk merehabilitasi puluhan ruas jalan, trotoar dan drainase di Kota Cimahi.

Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Cimahi, Wilman Sugiansyah mengatakan, duit yang bersumber dari anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi Tahun Anggaran 2019 itu lebih dominan untuk pemeliharaan jalan.

Baca Juga : Lebarkan Jalan, Sebanyak 17 Pohon di Sekitar Pusdik Armed Dikorbankan

"Anggaran Rp 45 miliar dengan pemeliharaan sekitar Rp 39 miliar," kata Wilman saat dihubungi via sambungan telepon, Selasa (5/2/2019).

Dikatakan Wilman, jika dilihat dari pagu anggaran, harus diakui tahun ini ada pengurangan atau efisiensi dari anggaran tahun sebelumnya. Sebab, anggaran DPUPR tahun ini lebih difokuskan untuk membangun Mall Pelayanan Publik (MPP). Selain itu, beberapa ruas jalan juga dianggap sudah memiliki tingkat kemantapan yang baik.

Baca Juga : Sinergitas Pemkot Cimahi dan TNI Terus Ditingkatkan

Wilman melanjutkan, saat ini pihaknya masih melakukan persiapan untuk memulai berbagai pekerjaan. Pihaknya menargetkan semua proyek pekerjaan mulai dilelangkan bulan ini, dan selesai lelang diperkirakan April mendatang.

"Mudah-mudahan proses lelang bisa lancar. April beres pelelangan, Agustus-September sudah selesai semua," ujar Wilman.

Berbagai jenis pekerjaan yang bakal dilakukan pihaknya tahun ini ialah sekitar 20 ruas jalan kota, "Penanganan bervariasi ada yang pemeliharaan berkala, ada juga yang fokus di trotoar. Namun yang pasti tahun ini akan fokus pada drainase," bebernya, seraya menyebutkan bahwa akan ada pula perbaikan salah satu jembatan di Kota Cimahi.

Baca Lainnya