Sabtu, 20 April 2019 18:19

Puncak Libur Panjang, Polisi Berlakukan Buka Tutup Jalur Hingga 5 Kali

Reporter : Fery Bangkit 
Polisi tengah mengatur lalu lintas di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (20/4/2019).
Polisi tengah mengatur lalu lintas di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (20/4/2019). [ferybangkit]

Limawaktu.id - Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Suharto menyebutkan, Sabtu (20/4/2019) merupakan puncak kepadatan arus lalu lintas di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) selama libur panjang pekan ini.

Dikatakannya, kepadatan arus lalu lintas di kawasan wisata ini terjadi sekitar pukul 13.00 WIB. Kepolisian pun terpaksa menerapkan sistem buka tutup jalur dari arah Kota Bandung menuju perbatasan Subang maupun sebaliknya sebanyak lima kali.

Baca Juga : Libur Panjang Pasca Pemilu, Jalur Wisata Lembang Macet atau Tidak?

"Libur panjang kali ini dimulai Jumat. Puncak kepadatan hari ini mulai 13.00 sampai saat ini cukup padat, dengan sistem buka tutup hingga 5 (lima) kali," terang Suharto, saat ditemui di Simpang Betrix, Lembang, Sabtu (20/4/2019).

Berdasarkan pantauan di Simpang Betrix sekitar pukul 18.00 WIB, arus lalu lintas di kawasan Lembang terpantau ramai lancar. Personel kepolisian masih siaga untuk mengatur lalu lintas.

Kondisi itu berbanding terbalik saat tadi siang. Dimana kawasan Lembang dipadati kendaraan yang hendak berwisata. Kendaraan didominasi oleh plat dari luar Bandung Raya, terutama Jakarta. 

"Didominasi kendaraan datang dari Jakarta terlihat dari plat nomor B. Ada juga dari luar, seperti Jawa Tengah. Hari ini cukup banyak," ujar Suharto.

Perihal jalur jalur alternatif Kolonel Masturi, Suharto menegaskan akses itu boleh digunakan untuk kendaraan jenis bus apabila cuaca sedang aman. Itupun, kata dia, hanya sampai pertigaan jalan yang mengarah ke Sersan Bajuri. Artinya, bus tetap dilarang melintas ke Jalan Kolonel Masturi yang mengarah ke Kota Cimahi.

"Kalau cuaca normal, tidak hujan untuk jalan alternatif, bus tetap kita buka. Namun nanti kami harapkan mengarah ke Ledeng (Seran Bajuri), tak ke Kolonel Masturi (Cimahi)," tandasnya.

Baca Lainnya