Senin, 6 Mei 2019 16:32

Puluhan PNS di Pemkot Cimahi Bolos Dihari Pertama Puasa

Reporter : Fery Bangkit 
Apel Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Demang Hardjakusumah.
Apel Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Demang Hardjakusumah. [ferybangkit]

Limawaktu.id - Puluhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemerintah (Pemkot) Cimahi bolos kerja dihari pertama bulan Ramadhan 1440 Hijriyah, Senin (6/5/2019). 

Berdasarkan catatan Badan Pengelolaan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Daerah (BPKSDMD) Kota Cimahi, dari 1.046 PNS yang wajib mengikuti apel, hanya 970 saja yang terdata lewat finger print.

Baca Juga : Adakah Dampak Benny Bachtiar dalam Lelang Jabatan Sekda Kota Cimahi?

"Sebetulnya sama saja dengan apel pagi sebelum Ramadhan. Hanya khusus puasa pertama ini, kehadiran PNS sekitar 92,7 persen, ketidakhadirannya 7,3 persen atau 76 orang," terang Kepala BPKSDMD Kota Cimahi, Ahmad Saefulloh saat dihubungi via sambungan telepon, Senin (6/5/2019).

Selama Ramadhan ini, jam operasional di Pemkot Cimahi sendiri mengalami perubahan. Jika hari biasa PNS atau disebut juga Aparatur Sipil Negara (ASN) masuk pukul 07.30-16.00 WIB maka khusus bulan puasa masuk pukul 08.00-15.00 WIB.

Baca Juga : Kelanjutan Nasib P3K di Kota Cimahi Belum Jelas

Dikatakan Ahmad, ada berbagai alasan mengapa puluhan PNS itu tidak mengikuti apel hingga kerja. Seperti ada yang Dinas Luar (DL), sakit dan cuti. "Ada yang cuti, sakit sama DL," ucapnya.

Sekretaris BPKSDMD Kota Cimahi, Heni Tishaeni menambahkan, PNS yang tidak mengikuti apel pagi itu sama saja dianggap tidak masuk kerja. Sanksinya, jelas dia, akan dilihat dari perhitungan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD), sama seperti hari-hari biasa.

"Yang gak ikut apel berarti dia dianggap gak hadir. Nanti kan ngaruh ke tunjangan kinerja daerah. Jadi penerapannya sama segitu," jelasnya.

Baca Lainnya