Senin, 10 Juni 2019 10:58

Puluhan ASN Bolos Apel Pertama Pasca Cuti Lebaran

Reporter : Fery Bangkit 
Pelaksanaan apel setelah libur panjang berlangsung di Lapangan Apel Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Senin (10/6/2019).
Pelaksanaan apel setelah libur panjang berlangsung di Lapangan Apel Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Senin (10/6/2019). [ferybangkit]

Limawaktu.id - Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Cimahi tercatat tidak mengikuti apel pertama pasca cuti bersama lebaran 2019.

Pelaksanaan apel setelah libur panjang berlangsung di Lapangan Apel Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Senin (10/6/2019). Seperti biasa, apel dimulai pukul 07.30 WIB dan masih ada beberapa ASN juga yang terlambat dan terpaksa menunggu di luar gerbang.

Baca Juga : Ini Jam Kerja ASN di Kota Cimahi Saat Bulan Puasa

Apel dipimpin langsung Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna. Hadir juga Wakil Wali Kota Cimahi Ngatiyana. Usai apel, Ajay mengklaim kehadiran para abdi negara pasca libur panjang kali ini cukup baik. Menurutnya, kehadiran mencapai 97 persen.

"Kalau tingkat kehadiran, 97 persen hadir. Sesuai yang kami imbau sebelumnya, alhamdulillah semua pejabat utama hadir semua," ujar Ajay.

Baca Juga : Puluhan PNS di Pemkot Cimahi Bolos Dihari Pertama Puasa

Dikatakannya, kehadiran ASN ini merupakan bentuk profesionalisme mereka. Sebab, mulai hari ini para ASN mulai melayani masyarakat dan meningkatkan kinerja mereka.

"Kita mulai lagi melayani masyarakat Cimahi. Kalau yang terjebak, sepertinya tidak ada kemacetan mudik," ucapnya.

Baca Juga : 6 Nama Perebutkan Posisi Kadisub dan Kasatpol PP Cimahi

Kepala Badan Pengelola Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Daerah (BPKSDMD), Ahmad Saefulloh menambahkan, jumlah ASN yang tidak hadir dihari pertama apel ini mencapai 65 orang. Untuk rincian ketidakhadirannya, akan diklasifikasikan terlebih dahulu.

"Sesudah ini, kita akan klasifikasikan dulu mana yang cuti, sakit, dinas luar dan yang tanpa kehadiran," jelas Ahmad.

Ahmad menjelaskan, hasil rekap kehadiran ASN kali ini akan langsung dilaporkan kepada Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Perihal sanksi, kata dia, akan mengacu pada Permenpan RB Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS. "Yang jelas, kalau hadir tanpa alasan itu jelas sanksinya ada pemotongan TKD (tunjangan kinerja daerah). Makannya kita akan kualifikasi dulu faktualnya," tandasnya.

Baca Lainnya