Selasa, 26 September 2017 14:27

PT. Ultra Jaya Dinilai Kurang Peduli Warga Sekitar

Reporter : Jumadi Kusuma
Seorang warga Jl Bunisari sedang menyampaikan orasi di depan pabrik PT Ultra Jaya.
Seorang warga Jl Bunisari sedang menyampaikan orasi di depan pabrik PT Ultra Jaya. [limawaktu dok]

Limawaktu.id, - Selain masalah polusi bau limbah susu yang mengganggu warga sekitar, PT. ultra jaya dinilai kurang peduli terhadap warga.

Demikian penuturan Mansur yang tinggal di Jl. Bunisari Rt 02 Rw 11 Desa Gadobangkong Kecamatan Ngamprah, yang tidak jauh dari pabrik saat diwawancara, Selasa (26/9)

Baca Juga : Dinilai Ingkar Janji, Ratusan Warga Demo Ultra Jaya

“Masalah PT. Ultra Jaya dengan warga sebenarnya bukan hanya polusi bau limbah saja, diantaranya masalah tidak adanya prioritas tenaga kerja untuk warga sekitar walaupun saya tidak mengantongi data, yang pasti lima orang saudara saya tidak satupun yang bekerja di PT. Ultra Jaya,” sebutnya.

Yang kedua adalah masalah air apalagi dimusim kemarau sangat terasa dan ini dampak dari sumur bor untuk keperluan proses produksi susu, walaupun warga tidak tahu pasti berapa titik sumur bor yang digali oleh Ultra Jaya. Warga memang diberi jatah air dari pabrik akan tetapi kualitas dan kuantitasnya kurang.

Baca Juga : Ratusan Warga Demo Lagi Ultra Jaya

“Terkadang menimbulkan percecokan antar warga berebut jatah air, pernah diajukan untuk menjadi pelanggan PDAM bahkan saya termasuk yang menandatangani tapi sampai saat ini belum terbukti,” katanya.

Warga menganggap PT. Ultra Jaya itu sebagai tetangga sehingga kalaupun ada masalah tetap tidak akan melakukan tindakan anarkis.

” Kami berharap ada kepedulian lebih dari Ultra Jaya, semisal dana CSR (corporate social responsibilty), hewan qurban dan zakat sebagai bentuk tanggungjawab sosial terhadap warga sekitar,” pungkasnya. (jk)

Baca Lainnya