Sabtu, 7 Oktober 2023 9:21

PT Pegadaian dan Warga Cirebon Tanam 10.000 Pohon Mangrove di Pantai Pangarengan

Reporter : Bubun Munawar
Kepala PT Pegadaian Wilayah X Jawa Barat Muh Ariyadi Purwanto bersama pihak yang terlibat berfoto bersama usai penanaman 10.000 pohon mangrove di Pantai Desa Pangarengan, Kabupaten Cirebon, Jum’at (6/10/2023)
Kepala PT Pegadaian Wilayah X Jawa Barat Muh Ariyadi Purwanto bersama pihak yang terlibat berfoto bersama usai penanaman 10.000 pohon mangrove di Pantai Desa Pangarengan, Kabupaten Cirebon, Jum’at (6/10/2023) [Istimewa]

Limawaktu.id,  Cirebon -  Memperingati World Habitat Day, dan menjaga Keberlangsungan hutan mangrove sebagai   benteng alami untuk melindungi pesisir dari erosi, PT Pegadaian Wilayah X Jawa Barat  memotori penanaman 10.000 pohon mangrove  di area pantai  Desa Pangarengan, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Jum'at (6/10/2023).

Menurut Kepala PT Pegadaian Wilayah X Jawa Barat  Muh Ariyadi Purwanto, penanaman pohon mangrove di area pantai di Cirebon adalah kosistensi Pegadaian dalam menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan.

"Kegiatan ini mendukung dalam kegiatan pelestarian hutan mangrove, mengingat betapa pentingnya mangrove bagi kelestarian dan lingkungan di sekitar pantai," ujarnya.

Selain untuk menjaga keberlangsungan hutan mangrove,  Penanaman pohon ini dalam rangka World Habitat Day yang biasa diperingati setiap 3 Oktober 2023.

Dia menjelaskan, hutan mangrove menjadi tempat hidup dan sumber makanan bagi sejumlah jenis satwa. Keberlangsungan hutan mangrove perlu dijaga karena menjadi benteng alamai untuk melindungi pesisir dari erosi dan serangan gelombang besar.

“ Akar-akar mangrove yang kuat akan menjaga tanah di sekitar garis pantai,” jelasnya.

Selain itu, hutan mangrove juga menjadi tempat hidup dan sumber makanan bagi sejumlah jenis satwa.

Sejumlah pihak terlibat aktif di acara penanaman pohon mangrove ini, mereka adalah  Dinas Kehutanan, Lanal Cirebon, Dinas Lingkungan Hidup, Organisasi lingkungan HPAI, dan warga Desa Pangarengan.

Hadir tokoh-tokoh penting, di antaranya  Dodit Ardian Pancapana, ST., M.Sc (Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat), Ahmad Subagja, S.Hut  (Kepala Cabang Dinas Kehutanan wilayah VIII Cirebon), Mayor Marinir Jayusman, S.H. (Palaksa/Wadan Lanal Cirebon), Fifi Erneti, S.Sos.(Kepala Bidang Peningkatan Kapasitas dan Pemulihan Lingkungan), Yuniati Effendi, M.Pd (Ketua DWP HPAI), Casardi (kepala desa pangarengan), dan Muh Ariyadi Purwanto (Pemimpin Pegadaian Wilayah X Jawa Barat).

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Dodit Ardian  mengucapakan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada PT Pegadaian Kanwil X Jawa Barat yang sudah mensupport dan menginisiasi kegiatan penanaman 10.000 pohon mangrove di wilayah Pantai Kabupaten Cirebon dalam kegiatan Habitat World Day.

Kegiatan ini terlihat sangat meriah, karena melibatkan pegawai PT Pegadaian Area Cirebon, pegawai Dinas Kehutanan, prajurit AL Lanal Cirebon, pegawai Dinas Lingkungan Hidup, warga Desa Pangarengan, dan perwakilan pelajar di Kabupaten Cirebon.

 Di tengah kegiatan menanam pohon Mangrove,Muh Ariyadi Purwanto juga menjelaskan layanana PT Pegadaian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Dia menyebutkan,  saat ini nasabah dapat bertransaksi di 5000-an agen Pegadaian yang dapat melayani berbagai produk, mulai dari gadai, KUR, pembiayaan cicil kendaraan, hingga investasi emas.

"Pegadaian berkomitmen untuk terus memberikan kemanfaatan kepada masyarakat melalui produk dan layanan terbaik maupun implementasi tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL)," pungkasnya.

Baca Lainnya