Sabtu, 2 September 2017 0:37

PT KAI Akan Bongkar Ratusan Bangunan

PT. KAI Bongkar Bangunan
PT. KAI Bongkar Bangunan [Limawaktu Photo]

Limawaktu.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop II Bandung menargetkan proses pembebasan lahan milik PT KAI untuk proyek kereta cepat Jakarta-Bandung selesai September 2017.

Manajer Humas PT KAI Daop II Bandung Joni Martinus mengatakan, pihaknya sudah membebaskan lahan seluas 15.502 meter persegi yang akan digunakan untuk proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. "Sisanya sekitar 17.866 meter persegi masih dalam proses. Kami optimis awal September ini yang belum dibebaskan bisa selesai," ujarnya.

Pada 6 September 2017 PT KAI akan melakukan eksekusi lahan yang digunakan warga. Jika masih ada bangunan yang belum dirobohkan. Ada ratusan rumah warga yang rencananya akan dibongkar. “ Apabila sampai 6 September belum dibongkar, PT KAI yang akan melakukan pembongkaran, “ katanya..

Diakuinya, total lahan milik PT KAI yang dipakai untuk proyek KCIC seluas 33.368 meter persegi dengan jumlah 245 bangunan. Lahan itu membentang dari kawasan Bandung Raya hingga perbatasan Jawa Barat-Jakarta. Beberapa kawasan yang terkena dampak pembebasan lahan untuk KCIC misalnya Mekarsari, Ciganea, Gadobangkong dan lainnya. "Kami bebaskan lahan berdasarkan kebutuhan KCIC. Mana yang mau dipakai, itu yang kami bebaskan,” pungkasnya. (bn)

Baca Lainnya