Sabtu, 28 Juli 2018 18:02

Proyek Pembangunan Masjid di Pemkot Cimahi Dilelang Ulang

Reporter : Fery Bangkit 
Progress Pembangunan Mesjid Pemkot Cimahi.
Progress Pembangunan Mesjid Pemkot Cimahi. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Proses Lelang pembangunan Masjid di Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah kembali harus diulang. Pasalnya, lelang sebelumnya selalu gagal.

Sekedar informasi, pembangunan masjid yang terletak di atas embung UPT Air Minum Kota Cimahi mulai di bangun sejak 12 September 2017. Anggarannya mencapai Rp 2,9 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi. Hingga akhir kontrak, pembangunan diklaim sudah mencapai 55%.

Kini, Dinas Perumahan dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cimahi selaku penanggungjawab proyek memasukan kembali dokumen lelang kepada Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kota Cimahi.

Berdasarkan penelusuran dari LPSE.cimahikota,go.id, proyek pembangunan masjid sudah tercantum dalam ULP. Nilai pagu anggarannya mencapai Rp3.000.000.000.

Sekretaris DPUPR Kota Cimahi, Yusi Karim mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih menunggu proses lelang. Jika proses lelang selesai, maka proses fisika akan langsung dilaksanakan.

“Lelang ada beberapa kali gagal. InsyaAlloh tahun ini beres. Kita lagi nunggu selesai lelang,” terangnya, Sabtu (28/7/2018).

Dikatakannya, kemungkinan untuk menuntaskan proyek senilai Rp 5,9 miliar itu, pihaknya membutuhkan waktu sekitar empat bulan. Sebab, proses pengerjaan hanya tinggal arstitektur interior dan eksterior saja.

“Kalau struktur, mulai dari tiang pondasi, lantai sudah beres. Tinggal arsirekturnya aja. Sekitar 50 persen lagi,” kata Yusi.

Berdasarkan desain, Masjid Perkantoran Pemkot Cimahi itu akan memiliki tiga lantai. Pertama ada lantai dasar dengan luas 212 meter persegi.

Lantai dua akan memiliki kapasitas untuk menampung 350 jemaah, dengan luas 400 meter persegi. Lantau ketiga luasnya 252 meter persegi, dengan kapasitas jemaah maksimal 225 orang.

“Kita ingin masjid itu lebih nyaman, makannya arsitekturnya transparan,” pungkas Yusi.

Berikut jadwal tahapan lelang Pembangunan Masjid Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Cimahi berdasarkan lpse.cimahikota.go.id.

Jadwal tahapan lelang Pembangunan Masjid Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Cimahi. [lpse.cimahikota.go.id]

Baca Lainnya