Kamis, 19 Oktober 2017 14:50

Proses Transaksi Masih Lambat, Penerapan E-Toll Belum Efektif

Reporter : Fery Bangkit 
Gerbang Tol Baros 2
Gerbang Tol Baros 2 [limawaktu]


Limawaktu.id, - Penggunaa transaksi non tunai menggunakan Elektronik Card Tol (E-Toll Card) di gerbang tol dinilai belum efektif oleh sejumlah pengguna jalan berbayar.
Para pengendara mengeluhkan lambatnya proses transaksi di gerbang tol menggunakan E-Toll Card, karena mesin tapping untuk membaca kartu E-Toll terkadang lambat dalam merespon.

"Lumayan memperlambat juga. Biasanya macetnya tidak seperti ini, tapi sekarang cukup panjang antrean macetnya. Saya kira persiapannya masih kurang matang," ujar Windarto, seorang pengendara mobil yang ditemui di Gerbang Tol Baros II, Kamis (19/10).
Berdasarkan pantauan, antrean sepanjang hampir 2 kilometer terjadi di ruas Jalan Raya HMS. Mintaredja, menuju akses Tol Baros II, Kamis (19/10/2017).

Berbeda pada saat penerapan transaksi non tunai di Gerbang Tol Baros I, pengendara yang belum memiliki E-Toll Card akan disarankan untuk membeli kartu tersebut sebelum memasuki tol, atau memutar balik di gerbang tol terdekat.
Terkait lamanya proses pembacaan E-Toll Card saat diletakkan di mesin tapping, Humas PT. Jasa Marga Purbaleunyi, Dadan Saripudin, menjelaskan jika masih banyak pengendara yang belum memahami cara menggunakan E-Toll Card.

"Cukup ditempelkan saja kartunya, tidak perlu digesek-gesek. Memang masih ada beberapa pintu tol yang mesin tappingnya slow respon, tapi akan kita benahi juga," tuturnya.
Menanggapi keluhan dari masyarakat mengenai penerapan transaksi non tunai, Dadan mengaku pihaknya akan terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat pengguna jalan tol.

"Masyarakat juga harus terbiasa menggunakan sistem elektronisasi untuk mengakses jalur tol," tegasnya. (kit)*