Minggu, 13 Maret 2022 10:00

Promosikan Musisi Cimahi, Disbudparpora Launching Sarmuchi

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Untuk mempromosikan potensi para musisi di Kota Cimahi, Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi melakukan Launching Pasar Musik Cimahi (Sarmuchi), yang berlangsung di Aula Gedung A Pusat Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, pada Sabtu (12/3/2022) malam.

Salah seorang praktisi musik Kota Cimahi Exap Djularsana mengungkapkan, dengan adanya Sarmuchi, akan menjadi sarana untuk mempersatukan komunitas musik di Kota Cimahi dalam mengekspresikan potensi bermusiknya. Selain  itu, Sarmuchi juga diharapkan bisa menjadi salah satu promosi bagi para musisi untuk lebih dikenal lagi ke luar Kota Cimahi.

“Ini sebuah sarana untuk mempersatukan komunitas-komunitas musik di Kota Cimahi,” ungkapnya.

Nantinya, kata dia, para musisi di Kota Cimahi akan diberikan sarana oleh Disbudparpora untuk mendukung kreativitas bermusiknya, sehingga menghasilkan karya yang lebih baik lagi.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Budi Raharja menjelaskan, Launching  Sarmuchi digelar dalam rangka memperingati Hari Musik Nasional. Sarmuchi nantinya akan menjadi ajang bagi para komunitas untuk mempromosikan musisinya. Melalui selelsi yang akan dilakukan oleh kurator,  para musisi akan diseleksi siapa yang berhak untuk tampil di Sarmuchi.

“Nanti tim kuartor yang akan menentukan musisi mana yang layak ditampilkan di Sarmuchi,” jelasnya.

Dia melanjutkan, Sarmuchi dibentuk agar bisa menjadi ajang promosi bagi para musisi Kota Cimahi untuk lebih dikenal lagi di kancah musik nasional, sehingga nantinya akan mendapatkan pekerjaan di berbagai tempat yang membutuhkan.

“Jika mereka sudah dikenal di kancah nasional, tentu akan mendapatkan job,” katanya.

Sementara, musisi senior asal Cimahi Ricky Jamrud mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Disbudparpora Kota Cimahi dengan melaunching Sarmuchi. Para musisi akan lebih semangat lagi karena mendapatkan fasilitas. Namun kegiatan seperti ini tak hanya dibidang musik saja tetapi bisa merambah pada seni atau budaya lainnya.

“Para musisi mendapatkan kesempatan dan fasilitas dari pemerintah, dalam hal ini Disbudparpora,” paparnya.

Dia menyarankan agar tak sekedar mendapatkan fasilitas dari pemerintah saja, tetapi para musisi juga harus lebih bersemangat untuk meningkatkan lagi kualitasnya, karena ini akan menjadi aset bagi Kota Cimahi.

“Para musisi harus lebih baik lagi kualitas bermusiknya, “ pungkasnya.

     

Baca Lainnya

Topik Populer