Jumat, 10 Mei 2024 23:49

PRC Pertimbangkan 15 Balon Wali Kota Cimahi, 5 Di Antaranya Anak Muda

Penulis : Iman
Presidium Rakyat Cimahi yang dibentuk parpol non-parlemen mempertimbangkan 15 bakal calon (balon) wali kota Cimahi.
Presidium Rakyat Cimahi yang dibentuk parpol non-parlemen mempertimbangkan 15 bakal calon (balon) wali kota Cimahi. [IST]

LIMAWAKTU.ID, KOTA Cimahi - Delapan partai non-parlemen di Kota Cimahi membentuk Presidium Rakyat Cimahi (PRC)  dalam rangka merumuskan dukungan untuk calon wali kota pada pemilihan berikutnya. Presidium tersebut yakni Partai Gelora, Buruh, PSI, PBB, Garuda, PKN, Ummat, dan Perindo

Dalam rapat terbatas untuk presidium non-parlemen mempertimbangkan 15  nama yang akan diusung sebagai bakal calon wali kota.

"Kami mempertimbangkan 15 nama kami dukung sebagai calon wali kota Cimahi. Kami menilai bahwa para kandidat ini memiliki potensi dan kapasitas untuk membangun Kota Cimahi," ujar Rizal, perwakilan Presidium yang juga Ketua DPD Gelora Kota Cimahi.

Rizal mengatakan, presidium akan menggelar konvensi rakyat  untuk mengerucutkan dukungan terhadap bakal calon wali kota.

"Konvensi ini akan melibatkan berbagai tokoh dari masyarakat untuk memberikan pandangan terhadap calon yang diajukan," tambah Rizal.

Di antara daftar tersebut, terdapat  5 nama dari anak muda masuk dalam bursa bakal calon wali kota. Mereka adalah M. Firaldi Akbar Zulkarnain, seorang pengusaha dan Ketua HIPMI Kota Cimahi; Bilal Insan M Priatna, mantan Ketua Karang Taruna Cimahi; Jana Achmad Nugraha, aktivis sosial dan pengusaha UMKM Cimahi; Irfan Gautama, pengusaha; serta Adhitia Yudisthira, juga seorang pengusaha.

Pengamat politik dan akademisi Iman S. Nurdin menyambut baik kehadiran para kandidat muda ini.
"Kehadiran anak muda dalam politik lokal bisa menjadi solusi bagi kemajuan Kota Cimahi. Mereka cenderung idealis dan memegang teguh prinsip anti-korupsi, " katanya.

Perkembangan Kota Cimahi sejak pemekaran dari kota administratif (Kotif), kata Iman, belum pernah berjalan mulus. 

"Hampir semua kepala daerah yang memimpin kota ini tersangkut masalah korupsi. Ini waktunya anak muda membawa Kota Cimahi ke arah lebih baik," imbuhnya.

Berikut adalah 15 nama yang dipertimbangkan:

1. Dikdik S. Nugraha
2. Arief Syaifudin
3. M. Firaldi Akbar Zulkarnain
4. Bilal Insan M Priatna
5. Jana Achmad Nugraha
6. Amirrudin
7. Irfan Gautama
8. Edi Suherdi
9. Johar Pratama
10. Adhitia Yudisthira
11. Asep Taryana
12. Enang Sahri
13. Djamu Kertabudi
14. Deden Andri Saputra
15. Ngatiyana

Dengan keterlibatan anak muda dalam proses politik lokal, diharapkan Kota Cimahi dapat menuju masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan.

Baca Lainnya