Jumat, 27 Maret 2020 13:13

Positif Covid-19 Asal Cimahi ada 3, Ternyata Peluang Sembuhnya Cukup Besar, Asalkan.....

ilustrasi pasien Corona
ilustrasi pasien Corona [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Pratiwi menegaskan, pasien yang sudah positif terpapar Corona Virus Disease (Covid-19) memiliki peluang besar untuk sembuh.

Untuk itu, pasien yang sudah terpapar diharuskan memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan selalu mengikuti anjuran dari tenaga medis yang selalu memberikan pelayanan sekuat tenaga.

"Kalau imunnya bagus, daya tahan tubuh bagus pasti 80 persen kemungkinan sembuh. Kecuali kalo ada penyakit penyerta, kaya jantung," tegasnya saat dihubungi, Jumat (27/3/2020).

Hingga Jumat (27/3/2020) pukul 08.00 WIB, jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Cimahi ada lima orang. Dua orang di antaranya meninggal dunia, tiga lainnya masih menjalani perawatan di berbagai rumah sakit rujukan di Bandung Raya.

Dikatakan Pratiwi, peluang sembuh bagi pasien positif Covid-19 asal Kota Cimahi sangat besar, apabila tidak memiliki penyakit penyerta. "Positif 5 meninggal 2. Yang 3 mudah-mudahan membaik," ucapnya.

Selain pasien positif, data terbaru penyebutkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal Kota Cimahi mencapai 9 orang. Laki-laki ada 4 orang dan 5 orang perempuan.

"Selesai pengawasan 4, masih pengawasan 5," terang Pratiwi.

Sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kota Cimahi mencapai 92 orang. Rinciannya, laki-laki sebanyak 49 orang dan perempuan 43 orang. "Masih pemantauan 65 orang, selesai pemantauan 27 orang," sebutnya.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Cimahi, Zakaria Anshori menambahkan, pasien yang terpapar positif Covid-19 memang peluang sembuhnya cukup besar, asalkan memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan tidak memiliki penyakit penyerta.

"Itu yang harus kita jaga (daya tahan tubuh). Kalau sudah dirawat pasti ada penanganan dari medis pasti juga sudah dilakukan sesuai SOP, sesuai keadaan pasien," jelasnya.

Bagi masyarakat yang masuk ODP maupun PDP, ia meminta untuk terus mematuhi anjuran tenaga medis maupun pemerintah. Seperti mengkarantina diri di rumah dan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna serta mengkonsumsi vitamin.

"Kemudian berjemur. Semua (anjuran) bagus," ucapnya.

Baca Lainnya