Kamis, 1 Maret 2018 11:25

Polres Cimahi Gelar Apel Pasukan, Jelang Operasi Keselamatan Lodaya 2018

Reporter : Fery Bangkit 
Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lodaya 2018 di Lapangan Apel Mapolres Cimahi, Jalan Amir Mahmud, Kamis (1/3/2018).
Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lodaya 2018 di Lapangan Apel Mapolres Cimahi, Jalan Amir Mahmud, Kamis (1/3/2018). [Limawaktu]

Limawaktu.id - Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas, Polres Cimahi akan menggelar 'Operasi Keselamatan lodaya 2018'. Operasi tersebut akan digelar 5 Maret sampai 25 Maret 2018 di wilayah hukum Polres Cimahi.

Sebagai persiapan, Anggota Polres Cimahi serta instansi terkait dari TNI dan unsur dari Pemerintah Kota Cimahi dan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat seperti Dinas Perhubungan dan Satpol PP melaksanakan Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lodaya 2018 di Lapangan Apel Mapolres Cimahi, Jalan Amir Mahmud, Kamis (1/3/2018).

Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara mengatakan, operasi kali ini digelar untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalulintas. 

“Dalam mendukung kebijakan proometer Kapolri guna terciptanya Kamseltibcarlantas,” ujarnya saat ditemui usai gelaran apel.

Tercatat, ada 150 anggota gabungan yang akan dilibatkan dalam operasi keselamatan ini. Sasarannya adalah para pelanggar lalu lintas, seperti pengendara yang melawan arus, menggunakan alat komunikasi saat berkendara dan pelanggaran-pelanggaran lainnya.

Dalam operasi kali ini, pihaknya melalui Satlantas Polres Cimahi akan mengedepankan preemtif dan preventif. “Namun tindakan refresifnya tetap dilaksanakan manakala pelanggaran sudah fatal,” kata Rusdy.

Berdasarkan pemetaan pelanggaran lalu lintas tahun 2017, terangnya, rawan pelanggaran lalu lintas biasanya terjadi di jalan protokol atau jalan utama.

“Himbauannya mari ciptakan keamanan dan kenyamanan dalam berlalulintas,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kasatlantas Polres Cimahi AKP Suharto membeberkan, jumlah pelanggaran lalu lintas tahun 2017 mencapai sekitar 8 ribu. Diharapkan pelanggaran tahun ini menurun.

“Yang mendominasi itu pelanggaran kelengkapan surat-surat, rambu-rambu, gak pake helm” terangnya.

Dikatakannya, operasi keselamatan ini merupakan salah satu bentuk upaya untuk mewujudkan keamanan. “Sehingga wilayah kita terhindar dari kecelakaan lalu lintas,” ucapnya.

Baca Lainnya