Jumat, 29 Maret 2019 13:12

Polda Jawa Timur Gagalkan Pengiriman Satwa Ilegal ke Luar Negeri 

Reporter : Bubun Munawar
Para pelaku perdagangan satwa liar ditangkap Polda Jawa Timur
Para pelaku perdagangan satwa liar ditangkap Polda Jawa Timur [VOA]

Limawaktu.id - Polda Jawa Timur menangkap pelaku perdagangan satwa ilegal, dan mengamankan 35 satwa dilindungi yang akan diperjual belikan, salah satunya komodo. Satwa-satwa itu rencananya akan dijual kepada pembeli di dalam negeri maupun luar negeri.

Dari para pelaku polisi menyita 35 ekor satwa dilindungi yang terdiri dari komodo, binturong, kakatua jambul kuning, kakatua Maluku, kakatua alba, nuri bayan, nuri merah, perkici flores, perkici hijau kuning, dan julang sulawesi dan menahan 9 orang yang diduga melakukan perdagangan satwa liar yang dilindungi. 

Direktur Ditreskrimsus Polda Jawa Timur, Kombes Pol. Yusep Gunawan mengatakan, dari beberapa jenis satwa yang disita, didapati satwa komodo yang merupakan satwa dilindungi dengan perlakuan khusus. Lima ekor komodo anakan akan dijual ke sejumlah pembeli di luar negeri dan ditawarkan melalui media sosial.

“Ada binatang yang sangat dilindungi yaitu komodo, yang konservasinya telah dilakukan secara khusus,” ujar Yusep.
Yusep menambahkan, pelaku memperolehnya dari  perburuan di alam, dan bernilai jual mencapai Rp 500 juta. Polisi mendapat keterangan bahwa telah dilakukan beberapa kali pengiriman oleh pelaku, dan tercatat ada 41 ekor komodo anakan yang telah dikirim ke luar negeri.

“Data yang kita dapat dan keterangan yang ada harga jual komodo bisa mencapai Rp 500 juta untuk satu ekor, ” papar Yusep. (VOA) 

Baca Lainnya