Minggu, 4 September 2022 10:10

PMK Penyakit Akut, Cepat dan Mendadak

Reporter : Iman Nurdin
Virologi dari Fakultas Kedokteran Hewan UGM, Prof. drh. R. Warsito
Virologi dari Fakultas Kedokteran Hewan UGM, Prof. drh. R. Warsito [istimewa]

Limawaktu.id - Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sedang mewabah di Indonesia, termasuk Jawa Barat. Karena itu, masyarakat terutama para peternak perlu mengetahui apa itu PMK.

“PMK merupakan penyakit akut, cepat, mendadak, sangat menular dan infeksius. Penyakit infeksi ini bisa mengenai ruminansia, babi dan juga sejenis rusa,” ujar Prof. drh. R. Wasito, pakar Virus hewan ternak dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada.

Wasito menjelaskan, virus yang menyebabkan PMK, memiliki waktu inkubasi 2 sampai 14 hari. Bahkan pada beberapa kasus, gejalanya sudah muncul dalam waktu kurang dari 24 jam.

Virus ini berkembang pada jaringan faring, kulit dan menyebar ke seluruh tubuh, melalui sirkulasi darah kemudian akan terbentuk lepuh pada faring.

“Gejala awal, sapi tampak tidak bahagia, demam dan nafsu makan menurun. Kalau gejala sudah kronik akan terbentuk lepuh, erosi, dan mengelupas,” tuturnya.

Wasito mengungkapkan, vaksin belum bisa memberikan perlindungan yang baik terhadap hewan. Obat antibiotik yang diberikan hanya dapat mematikan bakteri sekunder dan tidak dapat mematikan virus. Selain itu, PMK ini akan menginfeksi hewan dalam kurun waktu yang lama.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer