Jumat, 1 Juni 2018 16:25

PLN Cimahi: Pelanggan Didominasi Rumang Tangga, Pendapatan Mayoritas dari Industri

Reporter : Fery Bangkit 
Manager Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Cimahi, Bagus H Abrianto.
Manager Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Cimahi, Bagus H Abrianto. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- PLN Area Cimahi menargetkan, pelanggan listrik di wilayah Kota Cimahi dan Bandung Barat bertambahn 48 ribu tahun ini.

"Tahun ini kita target harus nambah 48 ribu pelanggan," kata Manager PLN Area Cimahi, Bagus H Abrianto, Jum'at (1/6/2018).

Saat ini, pelanggan di Cimahi dan Bandung Barat mencapai 65 ribu lebih pelanggan. Namun, kata Bagus, data tersebut belum ia perbaharui. Mengingat saat ini pemasangan sambungan baru masih terus berjalan.

Pelanggan listrik didominasi oleh rumah tangga yang menacapai 90%. Sedangkan sisanya adalah pelanggan industri, baik industri di Cimahi maupun Bandung Barat.

Meski pelanggan didominasi rumah tangga, ternyata pendapatan terbesar didapat dari sektor industri. Pendapatannya mencapai 67% lebih, sedangkan dari rumah tangga hanya sekitar 30%.

"Pelanggannya (industri) berkontribusi 67 persen lebih. Pelanggan rumah tangga kontribusinya hanya 30 persen pendapatan," ungkap Bagus.

Artinya, kata dia, listrik di Cimahi dan Bandung Barat itu lebih banyak digunakan untuk kegiatan yang produktif. Sementara pelanggan rumah tangga tidak terlalu konsumtif menggunakan listrik.

Baca Lainnya