Selasa, 13 November 2018 11:29

Piala AFF 2018: Jaga Peluang, Timnas Indonesia Wajib Menangi 2 Partai Kandang

Reporter : Permana
AFF Suzuki Cup 2018.
AFF Suzuki Cup 2018. [istimewa]

Limawaktu.id - Kekalahan dari tuan rumah Singapura (0-1), pada laga pembuka di grup B Piala AFF (Suzuki Cup), Jum’at (9/11/2018) lalu, memang masih disesalkan para pecinta sepakbola Tanah Air.

Karena sebenarnya selama 90 menit, pasukan Garuda tampil lebih dominan dibanding Singapura.Namun, Timnas harus segera bangkit untuk tetap menjaga peluang lolos dari penyisihan grup.

Baca Juga : Laga Perdana di Grup B Piala AFF 2018, Timnas Indonesia Diharapkan Mampu Atasi Tuan Rumah SIngapura

Lawan berikutnya yang akan dihadapi adalah Timor Leste, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa, 13 November 2018, malam nanti.

Tanpa bermaksud meremehkan Timor Leste, secara statistik maupun kualitas, memang Indonesia lebih unggul. Bahkan, Timor Leste bisa menjadi lumbung gol, jika Indonesia mampu memaksimalkan setiap peluang.

Karena, dengan kemenangan yang besar terhadap Timor Leste, akan sangat berpengaruh dalam produktifitas gol, untuk mengamankan persaingan ketat di grup B ini.

Jadi, Indonesia tidak hanya wajib menang, tetapi juga dituntut produktif. Saat ini, Thailand memuncaki klasemen sementara grup B, diikuti Singapura, yang sama-sama mengantongi poin 3. Sementara Philiphina, Indonesia dan Timor Leste berada diperingkat ketiga hingga kelima dengan poin 0.

Philipina baru akan mengawali pertandingan hari ini melawan
Singapura, bersamaan dengan timnas melawan Timor Leste.
Idealnya, Indonesia bisa menyelesakan tiga pertandingan sisa dengan kemenangan, agar aman dan melenggang menuju babak berikutnya.

Namun, Hansamu Yama dkk harus berjuang keras untuk
menggapainya. Dari tiga pertandingan yang akan dilakoni timnas, dua diantaranya bermain di kandang sendiri, yakni melawan Timor Leste nanti sore dan partai penutup melawan Philipina (25/11). Sedangkan satu partai lagi bertandang ke markas tim Gajah Putih Thailand (17/11).

Jadi, yang paling realistis, timnas harus bisa meraih poin maksimal, bahkan akan lebih baik dengan skor meyakinkan saat menjamu Timor Leste dan Philipina nanti.

Sementara melawan Thailand, meski berat untuk menang, namun peluang tetap terbuka untuk bisa menundukan juara bertahan.

Minimal timnas mampu menahan imbang dan merebut 1 poin,sehingga timnas memperoleh total 7 poin, sambil menunggu hasil yang diperoleh tim Singapura, yang menjadi pesaing timnas untuk mendampingi Thailand, yang diatas kertas lebih diunggulkan merebut juara grup B. (hra)*

Baca Lainnya