Senin, 31 Oktober 2022 20:44

Petugas Verifikasi KPU KBB Sisir Anggota Parpol Hingga Perkampungan

Reporter : Bubun Munawar
Anggota KPU Jawa Barat, Undang Suryatna yang rela blusukan menyusuri gang di Kampung Warung Awi Bojong Koneng
Anggota KPU Jawa Barat, Undang Suryatna ikut blusukan menyusuri gang di Kampung Warung Awi Bojong Koneng [Istimewa]

Limawaktu.id,- Demi menyelesaikan verifikasi keanggotaan partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024 KPU Kabupaten Bandung Barat (KBB), pelaksana Pemilu di wilayah termuda Bandung Raya itu harus rela menyusuri perkampungan yang terletak pada 165 desa se-KBB. Perkampungan padat penduduk hingga perkampungan di tepi pesawahan telah didatangi penyelenggara pemilu itu, untuk melakukan verifikasi keanggotaan parpol.

Tercatat sebanyak sembilan parpol tingkat KBB harus diverifikasi kekengurusan dan keanggotaannya untuk bisa mengikuti Pemilu 2024 mendatang. Kesembilan parpol itu adalah, Partai Bulan Bintang, Partai Buruh, Partai Garuda, Partai Gelora, Partai Hanura,  Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Ummat dan Partai Perindo.

"Jumlah sampling keanggotaan sembilan parpol di KBB mencapai 2.674 orang. Hingga hari ini 95 persen di antaranya telah terverifikasi dengan kami datangi ke kediamannya," kata Kepala Divisi Teknis Pemilu KPU KBB, Ripki A Sulaeman, Minggu (30/10) saat melakukan verifikasi faktual keanggotaan parpol di Kampung Warung Awi Desa Bojong Koneng Kecamatan Ngamprah.

Dia menyebutkan, KPU KBB   mengerahkan 19 orang pegawai sekretariat dan lima orang komisioner, sejak pertengahan Oktober lalu dengan kekuatan 24 orang, yang idsebar ke 165 desa se Kabupaten Bandung Barat.

Saat verifikasi, hadir pula Anggota KPU Jawa Barat, Undang Suryatna yang rela blusukan menyusuri gang di Kampung Warung Awi Bojong Koneng.

 "Petugas KPU harus mendatangi alamat sesuai yang tercatat pada domisili sampling anggota parpol yang harus diverifikasi faktual. Kalau tidak bisa ditemukan maka pada tahapan selanjutnya parpol harus menghadirkan anggotanya yang tak bisa ditemui petugas KPU, " ujar Undang.

 Undang pun berpesan agar petugas KPU se-Jawa Barat tetap semangat, selalu menjaga kesehatan dan senantiasa berhati-hati berkendara ketika menyusuri perkampungan dalam melaksanakan Verifikasi Parpol calon peserta Pemilu 2024 ini.  (*/).

Baca Lainnya

Topik Populer