Rabu, 28 April 2021 15:30

Peserta Prakerja Gelombang 16 Dihimbau Segera Beli Pelatihan Pertama

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin
Laman web resmi Kartu Prakerja.
Laman web resmi Kartu Prakerja. [limawaktu.id]

Limawaktu.id – Peserta Kartu Prakerja Gelombang 16 yang masih belum membeli pelatihan atau kursus pertamanya dihimbau untuk segera melakukan pembelian di lembaga penyedia kursus online tertunjuk.

Dalam postingan terbaru di akun Instagram resmi Kartu Prakerja @prakerja.go.id, disebutkan bahwa batas akhir pembelian pelatihan bagi penerima Kartu Prakerja gelombang tersebut adalah pada 29 April 2021 pukul 23:59, alias esok hari.

“Sesuai peraturan Permenko No. 11 Tahun 2020, setiap penerima Kartu Prakerja memiliki waktu 30 hari untuk membeli pelatihan pertama sejak mendapat SMS pengumuman dari Kartu Prakerja,” demikian keterangan dari postingan tersebut, Rabu (28/4/2021).

Jika dalam waktu 30 hari tersebut peserta masih belum saja membeli pelatihan pertamanya, maka status kepesertaannya dalam program Kartu Prakerja akan dicabut.

Itu artinya saldo yang diberikan sebelumnya akan ditarik kembali dan peserta tidak akan mendapatkan insentif sama sekali dari pemerintah.

Besar saldo yang didapatkan setiap peserta adalah 1 juta rupiah, digunakan untuk membeli beragam kursus online sesuai minat dan kebutuhan. Setelah menyelesaikan kursus pertama, peserta akan mendapatkan insentif sebesar 600 ribu rupiah per bulan.

Insentif tersebut akan digelontorkan selama 4 bulan, sehingga total insentif yang didapatkan peserta adalah 2,4 juta rupiah. Uang insentif pelatihan dapat digunakan untuk biaya mencari pekerjaan atau modal awal bagi peserta yang ingin membuka usaha.

Setiap orang hanya punya satu kali kesempatan seumur hidup untuk mengikuti program Kartu Prakerja, sehingga harus dapat memanfaatkannya sebaik mungkin.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer