Selasa, 16 Januari 2018 12:18

Pesan Berantai Soal Formasi dan Pengangkatan CPNS Hoax

Ditulis Oleh Fery Bangkit 
Ilustrasi
Ilustrasi [Pixabay]

Limawaktu.id - Belakangan ini, aplikasi layanan pesan instan dihebohkan dengan pesan berantai seputar pengangkatan pendaftaran Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS). Bunyi pesan tersebut ialah seputar formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang ditetapkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Informasi yang beredar, semua instnasi pemerintahan termasuk pemerintah daerah sudah ditetapkan formasinya. Dalam kop pengumuman, tertulis 'Laporan Penetapan E-Formasi Tenaga Honorer, Pegawai Tidak Tetap, Pegawai Tetap non-PNS dan Tenaga Kontrak Pengangkatan CPNS Tahun 2016-2019'.

Setelah dikonfrimasi kebenaran kabar tersebut kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Cimahi, dipastikan kabar tersebut tidak benar alias hoax.

Kepala BKD Kota Cimahi Harjono menegaskan, pihaknya sudah mengkonfirmasi mengenai kabar yang beredar kepada Kantor Regional III Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

"Dari judul ini saja kami sudah ragu, maka dari itu kami konfirmasi ke Kepala BKN Regional III. Informasi dari BKN Regional III dipastikan itu hoax," tegas Harjono saat ditemui di Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Cimahi, Jalan Rd. Demang Hardjakusumah, Selasa (16/1/2018).

Menurutnya, hal seperti itu disebarkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Sampai saat ini, kata Harjono, pihaknya belum menerima formasi resmi CPNS dari pemerintah pusat.

"Pokoknya sampai hari ini kita masih berpengang pada pengumuman BKN dan Menpan," katanya.

Pemkot Cimahi sendiri melalui BKD sudah mengajukan formasi CPNS 2017 kepada Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) yang mencapai 600 posisi.

Namun, dari 600 posisi tersebut, dikhususkan hanya untuk guru, tenaga kesehatan dan tenaga insfratuktur. Sedangkan untuk di pemerintahan tidak diajukan. Sebab yang dipioritaskan hanya tiga formasi, kata Harjono, maka untuk pengadaan pegawai di pemerintahan daerah pun belum bisa dilaksanakan.

"Sampai hari ini belum ada penetapan formasi CPNS 2018," uca Harjono.

Selain itu, lanjut Harjono, tidak ada tenaga honorer yang akan diangkat langsung menjadi CPNS. Semua harus melaui seleksi umum.

"Gak ada (pengangkatan langsung). Harus melaui seleksi dan usia di bawah 35 tahun," ujarnya.

Harjono meminta masyarakat waspada penipuan penerimaan CPNS, termasuk yang mengatasnamakan Pemerintah Kota Cimahi.

“Hati-hati dan waspada untuk hal modus penipuan seperti itu. Kalau ada surat panggilan seleksi itu bohong," tegasnya.