Minggu, 23 September 2018 14:16

Pertegas Sebagai Daerah Militer, Pemkot Cimahi Gelar Festival Kreasi Seni Antar Pusdik

Reporter : Fery Bangkit 
Festival Kreasi Seni Antar Pusdik Militer Dan Satuan TNI AD Se Kota Cimahi dan Bandung Raya 2018, Jln. Gatots Subroto, Sabtu (22/9/2018).
Festival Kreasi Seni Antar Pusdik Militer Dan Satuan TNI AD Se Kota Cimahi dan Bandung Raya 2018, Jln. Gatots Subroto, Sabtu (22/9/2018). [Fery Bangkit/limawaktuid]

Limawaktu.id, - Sebanyak 23 Pusat Pendidikan (Pusdik) militer dan Satuan TNI AD se-Kota Cimahi tutur berpartisipasi dalam 'Festival Kreasi Seni' di Lap. Rajawali, Jln. Gatot Subroto, Sabtu (22/9/2018).

Gelaran tersebut diinisiasi Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemudan dan Olahraga (Disbudparpora). Festival antar instansi militer itu baru pertama kali di gelar sepanjang berdirinya Kota Cimahi dan kegiatan yang mempertegas citra Cimahi sebagai kota militer.

Baca Juga : Dinsos Kota Cimahi Bandingkan Jumlah PSM dengan PMKS

Peserta festival sebanyak 10 kelompok. Mereka bebas menampilkan kreasi seni tradisi, modern, maupun perpaduannya.
Masyarakat tampak antusias menyaksikan pertunjukan. Mereka juga mendekati sejumlah kendaraan tank milik TNI AD yang berada di pinggir panggung.

Wakil Walikota Cimahi Ngatiyana mengatakan, Festival Seni Kreasi yang diselenggarakan pertama kali oleh Kota Cimahi ini menjai ajang silaturahmi dan mempererat hubungan pemerintah dengan instansi militer.

Baca Juga : Jumlah PMKS di Cimahi Capai 18.120 jiwa

"Dapat menjadi pondasi dalam rangka membangun silaturahmi kerjasama kemitraan antara Pemkot Cimahi dan instansi militer menuju Kota Cimahi sebagai Kota Wisata Sejarah Kemiliteran," ujarnya.

Kota Cimahi, yang notabenya didominasi area bangunan sejarah ala militer merupakan potensi yang baka menjadi daya tarik bagi masyarakat. Sebab, meski Cimahi kecil, tapi memiliki keunikan tersendiri.

Baca Juga : Raih WTP Beruntut, Kota Cimahi Dibuntuti Catatan Klasik

"Berbeda dari kota lain di Indonesia, karena Cimahi Kota Militer," ucap Ngatiyana.

Kepala Bidang Kebudayaan dan Pariwisata Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemudan dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi, Ero Kusnadi, melalui Kasi Kebudayaan Deden Herdiana mengatakan, kegiatan diadakan untuk memberi motivasi agar masyarakat bisa dekat dengan TNI.

"Terwujud kemanunggalan dan kebersamaan TNI dan masyarakat," ujarnya.

Salah satu perwakilan instansi militer yang hadir, Mayor Arh. Afandi Nugraha selaku Kasi Pers Pussen Arhanud mengatakan jajaran TNI menyambut baik kegiatan tersebut. Dikatakannya, kegiatan ini akan semakin menguatkan sinergitas antara militer dengan pemerintah.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Cimahi yang telah berusaha menyatukan sinergitas masyarakat dan TNI AD melalui kegiatan ini," ujarnya.

Baca Lainnya