Sabtu, 5 Januari 2019 17:25

Pertalite dan Pertamax Resmi Turun, ini Respon Warga

Reporter : Fery Bangkit 
Salah Seorang Pengendara Tengah Mengisi BBM di SPBU Cilember, Kota Cimahi, Sabtu (5/1/2019).
Salah Seorang Pengendara Tengah Mengisi BBM di SPBU Cilember, Kota Cimahi, Sabtu (5/1/2019). [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id - pemerintah pusat melalui PT Pertamina secara resmi mengumumkan penurunan harga Bahan Bakar minyak (BBM) non subsidi per 5 Januari 2019.

Berdasarkan data yang dihimpun dari www.pertamina.com, ada lima jenis BBM non subsidi yang mengalami penurunan. Yakni jenis Pertalite turun Rp150/liter, Pertamax turun Rp200/liter, Pertamax Turbo turun Rp250/liter, Dexlite turun Rp200/liter serta Dex turun Rp100/liter.

Dengan penurunan itu, maka harga BBM jenis Pertalite saat ini ialah Rp7.650/liter, Pertamax Rp10.200/liter, Pertamax Turbo Rp12.000/liter, Dexlite Rp10.300/liter serta Dex Rp11.750/liter.

Diturunkannya harga BBM itu didasarkan pada turunnya harga rata-rata minyak mentah dunia dan penguatan rupiah terhadap dollar Amerika.

Turunnya harga BBM non subsidi itu mendapat respon positif dari masyarakat. Hardi Sunardi (30), pengendara asal Kebon Kopi ini melakukan pengisian kendaraannya menggunakan Premium karena belum mengetahui ada penurunan harga Pertalite dan Pertamax.

"Saya belum mengetahui ada penurunan harga. Tapi kalau benar ya syukur. Saya biasanya menggunakan Premium karena paling murah," ujarnya saat ditemui di SPBU Cilember, Sabtu (5/1/2019).

Kendati demikian, ia merespon baik langkah dari PT Pertamina yang menurunkan harga BBM tersebut, karena sudah lama harganya tidak mengalami penurunan.

Hal senada dikatakan, Semi Petruci (20), pengendara asal Padalarang ini juga merespon baik langkah dari PT Pertamina tersebut, meskipun penurunan harganya tidak terlalu besar.

"Iya saya tahu dari berita terkait penurunan harga ini. Menurut saya lumayan ada penurunan walaupun tidak terlalu besar," katanya.

Ia mengaku sejak dulu memang menunggu penurunan harga ini. Sebab, menurutnya, harga BBM sudah lama tidak mengalami penurunan, sehingga ia juga merespon baik langkah dari pemerintah tersebut.

Baca Lainnya