Rabu, 12 Juli 2023 17:56

Persiapan FIFA World Cup U-17, Jokowi Cek Kondisi Stadion Si Jalak Harupat

Penulis : Bubun Munawar
Presiden RI Jokowi meninjau kondisi Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung jelang Piala Dunia U-17,Rabu (12/7/2023)
Presiden RI Jokowi meninjau kondisi Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung jelang Piala Dunia U-17,Rabu (12/7/2023) [Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR]

Limawaktu.id, Bandung - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah menyelesaikan renovasi lapangan pertandingan dan lapangan latihan sebagai infrastruktur pendukung  kegiatan FIFA World Cup U-17 Tahun 2023. Salah satunya adalah Stadion Si Jalak Harupat (SJH) yang berada di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

“Hari ini saya datang ke Stadion SJH untuk melihat proses renovasi yang telah selesai dilakukan oleh Kementerian PUPR. Saya senang karena proses renovasi telah selesai. Sebelumnya pernah dicek oleh FIFA untuk U-20, tetapi akan ada proses pengecekan ulang lagi dari FIFA untuk yang U-17,” kata Jokowi saat melakukan Peninjauan Fasilitas Stadion dan Seleksi Timnas U-17, Rabu (12/07/2023).

Dalam peninjauan tersebut, Jokowi didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Menteri BUMN sekaligus Ketua PSSI Erick Thohir, Wakil Ketua PSSI Zainudin Amali dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Usai peninjauan, Jokowi mengatakan bahwa Kementerian PUPR bertugas menyiapkan, sekaligus memperbaiki/merenovasi fasilitas pendukung pelaksanaan FIFA World Cup di Indonesia.

“Sudah diperbaiki baik seat-nya, rumputnya, lampunya, toiletnya, tempat ganti pakaian, akses keluar  stadion, maupun keluar masuk Jalak Harupat semuanya detail dilakukan oleh Kementerian PUPR. Dan untuk U-20 kemarin, ini sudah layak untuk dipakai, tapi untuk U-17 masih ada proses lagi,” katanya.

Adapun stadion yang telah direnovasi oleh Kementerian PUPR yaitu Stadion Kapten I Wayan Dipta di Bali beserta 4 lapangan latihan (I Gusti Ngurah Rai, Kompyang Sudjana, Gelora Samudra, dan Trisakti); Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring di Sumatera Selatan dan 4 lapangan latihan (Bumi Sriwijaya dan Atletik, Baseball, Panahan, Jakabaring); Stadion Manahan di Jawa Tengah beserta 4 lapangan latihan (Sriwedari, Banyu Anyar, Sriwaru, dan Kota Barat).

Kemudian, Stadion Gelora Bung Tomo di Jawa Timur beserta 4 lapangan latihan (Gelora 10 Nopember, A GBT, C GBT, dan Lapangan Thor), serta Stadion Si Jalak Harupat di Jawa Barat beserta 4 lapangan latihan (Gelora Bandung Lautan Api, IPDN, Jati Padjajaran, dan Sidolig).

Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti mengatakan, Stadion SJH memiliki kapasitas 27.166 single seat dengan luas lahan 6,3 Ha dan luas bangunan 28.177 m2. Konstruksi dilakukan oleh PT Nindya Karya dengan konsultan MK PT Virama Karya (Persero).

“Total anggarannya sebesar Rp155,17 miliar. Dengan masa pelaksanaan renovasi sejak Januari 2023–Juni 2023 dan telah selesai seluruhnya 100% per 2 April 2023,” jelas Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti.

 Turut hadir mendampingi Menteri Basuki, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, dan Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Essy Asiah

Baca Lainnya