Sabtu, 28 Oktober 2017 6:56

Permasalahan Sosial di Bandung Barat Semakin Kompleks

Reporter : Jumadi Kusuma
Ketua LKKS KBB Elin Suharliah memberikan bantuan peralatan sekolah dan moda usaha Ekonomi Produktif
Ketua LKKS KBB Elin Suharliah memberikan bantuan peralatan sekolah dan moda usaha Ekonomi Produktif [limawaktu]

 Limawaktu.id, - Permasalahan kesejahteraan social di Kabupaten Bandung Barat, makin lama makin komplek, karenaya harus ditangani secara serius.

Hal itu disampaikan Bupati Bandung Barat H. Abubakar, saat melantik sembilanbelas orang Pengurus Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Kabupaten Bandung Barat masa bhakti 2017 - 2022 betempat di Ruang Rapat Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, Jumat (27/10).

Menurut Abubakar, dengan makin kompleksnya masalah social, fungsi LKKS semakin dibutuhkan, sebagai mitra pemerintah untuk mengantisipasi masalah tersebut melalui program kesetiakawanan social. “Penanganannya ilandasi oleh kepedulian terhadap sesama. Selaras dengan sunnah Nabi yang mengatakan sebaik-baiknya manusia adalah orang yang bermanfaat bagi yang lain," katanya.

Sementara itu Hj. Elin Suharliah ketua terpilih LKKS KBB menjelaskan, peran dan fungsi LKKS dimaksudkan untuk menangani persoalan penyandang masalah social. “Dalam hal ini membantu melakukan koordinasi dan akreditasi lembaga-lembaga sosial dan anak bersama Dinas Sosial dan memberikan bantuan sesuai dengan kemampuan APBD seperti dana hibah, bantuan stimulan dan modal bergulir", jelasnya.

Dalam acara tersebut LKKS memberikan bantuan modal Usaha Ekonomi Produktif (UEP) untuk 34 PSAA masing-masing mendapat santuanan sebesar Rp.5000.000,- dan bantuan perlengkapan sekolah untuk 250 siswa, serta batuan untuk 25 LKSA di KBB.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat Ihsan Suhendar, Kepala Dinas Sosial KBB Heri Partomo, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Wahyu Wiguna, dan perwakilan dari Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) di Kabupaten Bandung Barat. (jk)