Rabu, 14 Februari 2018 19:32

Perlu Diketahui, Tarif Tol Berubah Per Dua Tahun

Reporter : Fery Bangkit 
Gerbang Tol.
Gerbang Tol. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Humas PT Jasa Marga Cabang Purbaleunyi, Dadan Saripudin menyebutkan, perubahan tarif tol baru memang harus dilakukan setiap dua tahun sekali. Sesuai dengan laju inflasi di daerah.

Ketentuan tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 2013 tentang Jalan Tol.

Baca Juga : Catat, Mulai Besok Tarif Tol Naik Semua

"Evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap 2 (dua) tahun. Kalau dari informasi, inflasi dari Oktober 2015 sampai September 2017 di wilayah Bandung itu sampai sebesar 6,30 persen," terang Dadan saat dihubungi via telepon, Rabu (14/2/2018).

Penyesuaian tarif tol dilakukan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang kemudian dievaluasi oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) berdasarkan data inflasi dari Badan Pusat Statistik (BPS) selama dua tahun terakhir.

"Tarif tol awal dihitung berdasarkan kemampuan bayar pengguna jalan tol, besar keuntungan biaya operasi kendaraan, dan kelaikan investasi," jelasnya.

Perihal sosialisasi kenaikan tarif tol per 15 Februari 2018 ini, pihaknya mengklaim telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

"Kami sudah sosialisasi, melalui flyers, sosial media milik Jasa Marga, dan pamflet. Jadi tidak seenaknya melakukan penaikan tarif tanpa ada pemberitahuan," ujarnya.

Pada ruas tol Cipularang, kenaikan tarif akan berkisar antara Rp500 hingga Rp7.000. Sedangkan pada ruas tol Purbaleunyi, kenaikan tarif akan berkisar Rp500 hingga Rp1.000.

Kenaikan tarif tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 96/KPTS/M/2018 Tentang Penyesuaian Tarif Jalan Tol Padalarang-Cileunyi dan dan Keputusan Menteri PUPR No. 97/KPTS/M/2018 Tentang Penyesuaian Tarif Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang.

Sebagai contoh, tarif tol dari Gerbang Tol Baros ke Pasteur, dipatok Rp 2.500 untuk golongan I, yang sebelumnya seharga Rp2000. Dari Padalarang menuju Pasteur menjadi Rp3.500, Pasteur menuju Cileunyi menjadi Rp9.500.

Baca Lainnya